Thursday, 4 September 2014

5 Saran dalam memilih Laptop.


Add caption



Laptop adalah merupakan barang mewah, tapi itu dulu saat saya masih duduk dibangku SMP. Sekarang kebutuhan orang meningkat seiring waktu. Dulu mungkin kita berfikir mengerjakan tugas hanya bisa didepan PC, namun terbayang bagi yang belum punya PC. Berapa biaya yang harus dikeluarkan padahal Cuma ingin browsing internet dan nge-print (mencetak). Belum lagi antri diwarnet, atau kecepatan internet yang kurang memadai karena dipakai banyak orang.

Akhirnya terhadap kebutuhan yang serba mobile tersebut, diciptakanlah Laptop. Sebuah PC yang portable, sebut saja demikian biar mudah. Dengan laptop kita bisa mengerjakan tugas dimanapun, tidak terikat waktu dan tempat. Karena kemudahan menggunakannya, kemudian mulailah berbondong-bondong orang membeli laptop. Sehingga dulu laptop adalah barang mewah, sekarang laptop adalah kebutuhan sekunder bahkan menjadi kebutuhan primer.

Banyaknya Produk laptop terkadang membuat kita bertanya-tanya laptop apa? Merek apa? Spesifikasi yang seperti apa? Dan berbagai pertanyaan lainnya. Well, mudah-mudahan tips sederhana ini bisa membantu anda dalam menentukan laptop pilihan anda.

1.       Kebutuhan

Setiap orang membeli laptop dengan kebutuhan yang berbeda. Lihatlah kebutuhan anda apa? Untuk main game? Kerja? Atau hanya untuk sekedar browsing? Spesifikasi yang tinggi dibutuhkan untuk laptop gaming dan kerja. Tentu harganya juga sedikit lebih mahal.

2.       Merk

Merk dagang sangat berpengaruh. Mengapa demikian? Tentu saja karena merk terkenal sudah terjamin mutunya. Misalnya saja kalau anda ingin beli Handphone, dulu saking terkenalnya nokia semua orang menyarankan beli Handphone Nokia karena kualitas yang dimiliki Nokia memang baik. Coba search di internet dengan kata kunci : Merek laptop dengan penjualan terbanyak tahun ini.  

    3.       Budget

Budget anda berapa? Apabila budget anda memang mencukupi, cobalah membeli laptop yang berspesifikasi tinggi. Karena laptop dengan spesifikasi yang tinggi akan membuat anda nyaman saat bekerja, atau saat main game. Anda bisa bayangkan apabila memaksakan main game berat padahal otak laptop anda sudah tidak mampu, yang terjadi adalah otak laptop anda akan banyak berfikir (baca : loading).

4.       Spesifikasi

Untuk spesifikasi, akan lebih baik bila anda bertanya kepada orang yang mengerti Laptop atau PC dan ajaklah untuk membeli, ini untuk mengantisipasi bila laptop yang anda cari ternyata tidak tersedia atau sudah tidak diproduksi lagi. Saya sendiri saat memilih laptop merk Asus ternyata laptop Asus dengan kode tertentu sudah tidak ada, penjual mengatakan kalau Asus tersebut adalah tipe lama dan kalaupun ada produk second.

Sedikit tentang spesifikasi standart :
Processor          : Dual core, Lebih banyak core lebih baik.
RAM                 : 2 GB lebih besar lebih baik
GPU                  : Ati Radeon/Nvidia bit semakin besar semakin baik tampilannya.

Spesifikasi tambahan :
DVD room     : sebaiknya ada, akan sangat berguna untuk burning dll.
Wifi                : sebaiknya ada,  agar terhubung dengan internet tanpa kabel.
Kamera          : sebaiknya ada , dibutuhkan untuk webcam atau untuk sekedar merekam video
USB               : port usb yang banyak lebih baik, sangat repot harus mencolokan/mencabut dengan satu usb
Card Reader   : bila diperlukan sebaiknya ada.

5.       Uji coba ditempat.

Ini merupakan langkah yang penting, anda mungkin akan kecewa bila ternyata setelah sampai dirumah ada komponen yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Cobalah semuanya mulai dari membuka software, game, video, kamera, dvd room, USB, speaker, DLL. Bila setelah diuji semuanya OK, selanjutnya mintalah diinstalasikan aplikasi yang berguna. Saya sendiri ketika ditawari penjual, saya minta semua software design diinstall. Supaya laptop benar-benar tinggal dipakai saat tiba dirumah.


Mungkin sekian saja tips sederhana ini, terimakasih sudah membaca.

Artikel Terkait