Review Advan S4A "murah dan bersaing"


advan edited

 

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi review Smartphone Advan s4a, yang baru tiga minggu saya beli. (it's not important..)

spesifikasinya sebagai berikut :
Layar 4 inci, Dual kamera (depan 2 MP, belakan 5 MP), Dual core 1 GHz, ram 512 MB, memori Internal 4 GB. Micro SD up to 32 GB, battery 1200 mAh, Jelly bean.

Harga Juli 2014 : Rp.730.000

Layar


Layar Advan S4a ini sudah bagus apabila dibaningkan dengan gal young atau pun gal chat milik saya dulu. Layarnya jernih karna kerapatan pixlenya sudah tinggi. Hanya saja kendala yang saya temui adalah tingkat sensitivitasnya kurang pada saat mau buka notifikasi. Digeser-geser susah, berbeda dengan galaxy chat saya dulu. Layar 4 inchi membuat advan nyaman diajak (baca : digunakan) untuk berinternet dan juga untuk bermain game.

Kamera


Kamera Advan S4a ini seharusnya bisa jernih karena 5 MP. Tapi sayangnya kualitas masih kayak 1,3 meski sudah disetting resolusi tertinggi. sedang kamera depan masih bagus untuk selfie meskipun hasilnya kurang tajam (ngeblur). Mengingat harganya murah ya wajar saja kameranya dikasih yang murah.

Processor dan Ram


Processor dual core 1GHz dengan Ram 512 membuat advan S4a ini lancar-lancar saja. sampai saat ini saya belum nemu masalah, kecuali kalau diinstal aplikasi yang banyak. Saat Ram penuh hingga 390 MB maka akan terjadi sedikit lag. Karena yang tersisa cuma 471 MB, yang sisanya lagi dipakai untuk sistem.

Internal dan Ekternal Memory


Internal 4 GB ( 1.17 GB for user). Mengingar kecilnya memori yang disediakan maka saat membeli Advan saya langsung beli Eksternal memori yang 8 GB. Sehingga tidak ada masalah.

Battery


Batre 1200 mAh, batre yang kecil dan dengan layar yang lebar membuat advan S4a boros daya. Tetapi ini bisa diatasi bila anda memiliki power Bank.
setelah saya uji coba, memakai advan sebagai modem selama 4 jam lebih dari jam 9 pagi hingga jam 1 ternyata kuat dan masih tersisa. Tetapi saat diuji coba menjalankan game baterai lebih cepat habis.

Hasil Benchmark


Memakai Antutu Benchmark, setelah saya uji ternyata hasilnya cukup besar yaitu diangka 9190. Hasilnya bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S2 adalah seperti ini :


Advan S4a vs Samsung galaxys2
advan s4a vs samsung galaxy 2

 Dan bila diadu dengan LG Optimus 2X adalah seperti ini :


Advan s4a VS LG Optimus 2x
Advan S4A ungguli LG Optimus 2X

Problem


Saya paling tidak seneng kalau saat browsing atau sedang menjalankan aplikasi, tiba-tiba muncul notifikasi error 403 atau 404. Dan juga advan s4a ini banyak ngiklan. Sehingga harus diroot biar iklannya ilang. Soal audio, pada saat pakai headset sih ok ok saja, pas tidak pake headset suaranya
tidak memuaskan.

Kesimpulan : Jika dilihat dari harga, performanya lumayan bagus dengan harga 730 ribu sudah bisa bbm an. Tetapi kalau punya budget lebih saya sarankan beli yang lebih baik.


Hasil Kamera : 


Saya gak begitu ngerti photografi, tapi menurut teman saya hasilnya sudah lumayan.

Foto advan s4a malam hari
Malam hari cahaya lampu, dengan blitz


Foto advan s4a siang hari
selfie : 2MP

 

Post a Comment

0 Comments