Pengen bisa bicara Inggris tak perlu grammar?

Pengen bisa bicara Inggris tak perlu grammar?



Saya heran sekaligus tertawa saat melihat sebuah video di Youtube yang menayangkan 5 tips agar bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Saya tidak bisa menyimpulkan siapa orang tersebut, dan dari mana asalnya. Tapi kalau dilihat sekilas dia mirip orang India.

Dalam video yang berdurasi kurang dari 15 menit tersebut saya mendengarkan apa yang dia katakan. Semuanya dari A sampai Z.  Lalu bagian mana yang membuat saya tertawa?

1. Dia "medok" sekali

Apa ya bahasa Indonesia-nya "medok". Ya, intinya dia berbahasa Inggris tanpa meninggalkan dialek bahasa ibunya. Sehingga saya langsung tertawa ketika itu. Bukan karena meledek, tapi karena raut mukanya itu lucu sekali. Saya mengerti keseluruhan apa yang dia sampaikan, tapi saya keburu ketawa karena medok-nya.


2.Grammar hanya untuk TOEFL dsb

Entahlah, menurut dia sebaiknya kita berlatih tanpa grammar. Memang betul, selama ini dari mulai SD sampai SMK saya selalu belajar grammar. Menghapal semua kata, dari mulai Abyys yang artinya sesuatu yang dalamnya tak terhingga, sampai ke Struggle yang artinya berjuang. Pokoknya semuanya saya lahap dan apa hasilnya?. Nilai bahasa Inggris saya bagus, tapi saya tidak bisa berbicara bahasa Inggris.

3.Salah latihan

Menurut dia, kita saat ini sedang dalam tahapan yang salah jika ingin berbicara bahasa Inggris. Menurutnya, kita seharusya memulai semuanya dari mendengarkan. Mendengarkan setiap perkataan orang Inggris asli atau palsu, lalu kemudian baru ketahap mengucapkan. Dengan berlatih 2 tahap saja seseorang akan bisa berbahasa Inggris. Namun bila ingin lebih jago lagi, bisa ditingkatkan ke membaca dan kemudian menulis.

Letak kesalahan kita adalah, kita diajari menulis, membaca, dan mendengarkan, tapi kita tidak dilatih secara intensif untuk berbicara. Dalam website talkenglish.com  saya juga menemukan hal yang sama, disana dikatakan, ada orang yang tahu 8000 kata tapi mengucapkan satu kalimat bahasa Inggris saja susah. Tetapi ada yang tahu hanya 2000 kata saja, ia bisa dengan lancarnya berbicara bahasa Inggris. Lebih lengkap silahkan kunjungi websitenya. Anda juga bisa membaca lebih di artikel saya yang berjudul : Belajar bahasa Inggris online 2015

4.Berlatih membuat sempurna, tapi..

Berlatih memang akan meningkatkan performa, apapun jenis latihannya itu akan sangat berguna untuk mendukung penampilan. Tapi, kalau berlatihnya salah, mungkin anda akan mengalami cacat permanen karenanya. Setidaknya itu yang dikatakan dari Youtuber yang saya lihat.  Hal ini juga sama dengan talkenglish. Mudahnya saya berikan contoh, dulu saya mengucapkan Magazine ya mengucapkannya seperti yang tertulis "ma  ga  zin" padahal seharusnya "mae ge zin". Akhirnya sampai saya dibenarkan oleh kamus elektronik saya baru saya sadar kalau selama ini saya salah.

Dengan berlatih mendengarkan dan mengucapkan dengan tepat. InsyaAllah akan ada improve yang cepat terhadap kemampuan berbahasa kita.

Kamus elektronik diandroid?. Lihat di 3 kamus terbaik pilihan wong cilik

Post a Comment

1 Comments

  1. Untuk beljar lebih, Kami dari KAMPUNG INGGRIS PARE menawarkan untuk bimbingan belajar bahasa inggris dengan metode yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.