Balapan nulis dengan sahabat blog

Balapan nulis dengan sahabat blog


Kemampuan menulis sangat diperlukan dalam proses perkembangan blog. Semakin banyak artikel suatu blog, semakin baik pula trafiknya. Hal ini sudah saya sadari ketika mulai memperbanyak artikel diblog sederhana ini. Meski hanya satu atau dua buah artikel yang bisa diposting perhari, namun trafiknya berbanding lurus dengan penambahan jumlah artikel tersebut. Dari mulai kosong mlompong tak berpenghuni, sampai ada satu dua orang yang membaca artikel blog ini setiap harinya.

Untuk memberikan semangat pada diri sendiri, saya mereview beberapa blog sahabat yang sudah saya follow untuk mengetahui seberapa aktif mereka menulis artikel. Yuk disimak.

1. JuraganCipir.com

Saya mengenal Juragan Cipir dari blog Sahabat Blogger 77 yang merupakan blog tutorial saat hendak berkomentar. Saya sering melihat beliau, dan tertarik dengan kata-kata yang diucapkannya melalui komentar. Hal ini membuat saya langsung mencoba membaca artikel buatan beliau. Eh ternyata "nendang sekali!", tak perlu pikir panjang saya langsung follow.

Pemilik Juragan Cipir yang sangat ramah ini adalah orang paling rajin membuat artikel. Terbukti setelah menambahkan Juragan Cipir dalam daftar bacaan blog saya, ternyata setiap harinya ada 3 sampai 4 artikel baru yang diterbitkan. Luar biasanya, boss Juraga Cipir ini juga memiliki blog lain yang kalau tidak salah semuanya berjumlah 35-an. Saking banyaknya, "Mbak Indri" sampai lupa password salah satu blognya. Saya sendiri penasaran bagaimana 10 jarinya bisa mengurusi 35 blog tersebut. Semoga saja setelah beliau membaca tulisan hambar ini, beliau juga mau berbagi sedikit tentang 35 blog yang dikelolanya. Beliau juga pernah berkata bahwa ini masih kurang, artinya masih ada kemungkinan kalau beliau mau "nambah".

  Hmm kalau jari saya semuanya jempol, saya akan acungkan semuanya untuk beliau.


2.Iqrozen.blogspot.com

Saya memang baru mengenal  blogger yang memasang nama Abu Zaini di Google plusnya ini, sehingga saya belum mengenal beliau lebih jauh. Akan tetapi dengan melihat  blognya secara langsung dan melihat laman About me miliknya, sedikit banyak saya mengetahui latar beliau. 

Apa yang menjadi dasar saya untuk bisa balapan dengan mas Abu?
Beberapa artikel milik penulis kelahiran 1984 ini ternyata sudah pernah menghiasi Koran Harian Republika dan masih ada beberapa lagi yang dimuat di Koran lainnya. Pada saat itu juga, saya tak ambil pusing, saya langsung memasukan blognya kedalam daftar bacaan saya. 

Berapa jumlah artikelnya hingga saat ini?
Memang saya sedikit kurang kerjaan, menghitung jumlah artikel orang, memakai kalkulator lagi?. Tak apa, ini juga sebagai motivasi kepada diri sendiri agar bisa mencontohnya. Hmm, jumlah artikelnya ternyata sudah lebih dari 600. Entah itu ditulis sendiri atau dengan bantuan, namun saya tetap appreciate untuk orang yang satu ini. Setidaknya, beliau juga tidak mengikuti prinsip "comot pasang" yang akan merugikan orang lain, bila ada yang dicomot pun beliau akan memasang sumbernya seperti yang ditulis dalam halaman about me miliknya.

"Karena itikat penulis sedikitpun tidak inigin asal copas (comot pasang) apapun itu ke dalam blog ini, bilapun ada selalu disertai sumbernya"

3.Choppie88.blogspot.com

Blog yang  menggunakan template mirip sebuah portal berita ini dikelola oleh seorang pemuda. Kapan kenalnya ya?. Entahlah, yang jelas sekarang saya sudah sedikit mengenal blogger yang akrab dipanggil "Fiu" ini melalui tulisan-tulisannya. Saya tidak menjumlahkan artikelnya seperti pada blog mas Abu, tetapi lebih pada mengamati seberapa sering ia sering update artikel. Saat ini saya katakan sehari sekali ada satu dua artikel yang diterbitkan. Hampir semua artikelnya ditulis mirip reporter, curhat-er, dan ceramah-er, dan tentunya semuanya bermanfaat. 

Dari apa yang saya lihat, blogger kelahiran Brebes ini juga seorang designer. Semoga penglihatan saya masih bagus. Kalau tidak salah ini dia kutipan dari "About me" miliknya,  "Juga menerima pembuatan sticker, baliho, spanduk dan ID Card dll".  
Selain itu, dari gambar-gambar yang ada diblognya saat ini, saya melihat itu adalah buatan sendiri, sehingga mungkin benar kalau dia juga seorang designer.

Dengan memiliki teman blog seperti ketiga orang diatas, kita bisa melihat ilmu yang dimiliki masing-masing orang. Mbak Indri dengan adsensenya, Mas Abu dengan bacaan umat lintas zamannya, Mas Fiu dengan komputernya, saya dengan pikiran. He he, maklum belum nemu karakter yang cocok untuk saya, tapi nanti saya akan fokus di android. Ya, dari tiga blog tersebut dan juga blog ini, ketiganya adalah blog "gado-gado", semua bahan ada, tinggal "diuleg" dan ditambah dengan sambal kacang hmm ueenake pool. Itulah filosofinya, ada bahan buat artikel tulis!, gak ada tetep nulis!, sehingga setelah diracik jadilah blog "gado-gado". 

Berikutnya blog siapa lagi ya? 
Blog tipe tutorial mungkin akan saya ulas juga.
Anda mungkin butuh kamera untuk menghiasi blog anda dengan gambar yang bagus, jadi jangan pergi dulu sebelum membaca Review kamera Olympus 14 MP dengan berbagai effect.

Post a Comment

2 Comments

  1. ketiganya juga temen saya mas.
    semoga sukses cita2nya

    ReplyDelete
  2. Iya mas hehe nanti mas yanto juga bakal masuk kayaknya he.. saling mengulas itu bagus. Sama-sama mas mohon kerja samanya "arigato"..

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.