Menandai gambar dengan teks penangkal copas

Menandai gambar dengan teks penangkal copas


Seiring dengan terkenalnya blog kita, maka bisa dipastikan sedikit atau banyak artikel kita akan dicopas orang lain. Prinsip copas sebenarnya bisa saya analogikan seperti "tukang nyontek". Seorang yang gemar menyontek ia malas berfikir dan meminta hasil jadinya saja. Seorang penyontek ini nantinya akan merugi saat kenaikan kelas, biasanya ia tidak mendapat nilai yang baik dan bisa jadi tidak naik kelas.

Dalam dunia blog, copas itu wajar. Saya sendiri apabila memang sudah kekurangan sumber, ya tidak apalah menyontek namun saya tidak mau menyontek "O2n". Saya selalu mempelajari caranya dulu kalau sudah mengerti baru saya pasang. Inilah yang saya sebut "nyontek pintar", meski menyontek kita akan tetap pintar, sepintar orang yang dicontek.Hehe

Kesalahan pertama tukang copas

Kesalahan besar tukang contek adalah mereka tidak akan mungkin mencontek keahlian. Bagaimana mungkin seorang penyontek bisa menirukan gerak dance hip-hop jika ia bahkan tidak pernah mencobanya?. Bagaimana juga ia bisa praktikum kimia di lab kalau belajar saja tidak pernah?. Bagaimana mungkin ia bisa memainkan keyboard sedang menyentuhnya saja tidak pernah. 

Seorang copaser, juga sebaiknya memperhatikan apa yang dicopasnya. Jangan main comot dan pasang. Anda mungkin tidak tahu kalau yang anda comot barusan adalah artikel bom. Bisa jadi anda dilaporkan kepihak berwajib dan selesai dunia blogging anda. Lebih baik jujur, atau memepelajari dulu apa yang mau dicontek setelah mengerti baru kemudian pasang. Dengan demikian anda akan terhindar dari artikel bom.


Kesalahan kedua tukang copas

Nah kesalahan selanjutnya adalah bagaimana copaser bisa mengkopi sebuah gambar yang ada tulisan ttt.blogspot.com-nya?. Mau diolah lagi dengan photoshop?. Jangan harap!. Saya saja kalau harus mengolah lagi gambar orang lain, susahnya minta ampun. Butuh waktu berjam-jam untuk menghilangkan huruf-huruf dalam gambar tersebut. 

Untuk gambar, paling tidak saya harus mempraktikan apa yang saya pelajari, membuat screenshotnya lalu dipost lagi. Ini semua akan memakan waktu yang sangat lama. "Lebih baik saya membuat artikel lain yang saya bisa, dari pada berkutat pada sebuah artikel yang saya tidak mengerti apa-apa tentangnya". Dengan demikian nantinya kemampuan  kita juga akan terasah, karena kita fokus pada kelebihan kita. 

Dengan memberikan teks pada setiap gambar, kita memberikan suatu kemustahilan bagi seorang copaser untuk meniru gambar dari blog kita.

Untuk membuat gambar dengan teks sudah "bejibun" software editor gambar sederhana. Salah satunya ada photoshop atau paling enak bisa memakai Photoscape pakai paint juga bisa. Silahkan pakai software kesukaan anda.

Semoga ini bisa sedikit mengurangi frekuensi copas diblog anda.
Jangan pergi dulu, baca juga Membuat sendiri gambar untuk blog

Post a Comment

0 Comments