Cara mengembalikan akun adsense yang dinonaktifkan

google adsense


Kebayang kan, sudah susah-susah buat blog, ngelamar ke google buat jadi publisher lalu sudah jadi partner beberapa hari kemudian akunnya diblock dan tidak bisa menampilkan iklan?. Apa yang bisa kita lakukan kalau sudah begini?

Oke, sebelum cerita solusi mungkin harus tahu dulu ya, kenapa akunya bisa dinonaktifkan. 

1.Tidak bisa login Email

Awal masalahnya adalah tidak bisa login ke gmail karna nomor HP yang kita punya ke blokir dan ganti nomor HP baru. Ini yang saya alami. Dan bodohnya saya, verifikasi 2 langkah untuk login gmailnya belum saya matikan. Jadi setiap mau login email, google selalu menyodorkan pilihan untuk mengirim kode atau tab pada HP android. Masalahnya mbah, nomornya ke blokir!.

Jadi hal yang saya lakukan adalah pergi ke forum untuk bertanya. Forum apakah itu?. Jadi, ada forum bantuan yang sifatnya gratis. Anda bisa pergi kesana untuk bertanya dan meminta bantuan dari pakar yang disediakan google. Ada disini

Tapi kalau anda rajin baca, sebelum ke forum, anda bisa baca pertolongan dari google. Disini

Anda bisa nanya sebanyak mungkin dan curhat kenapa tidak bisa login. Apakah lupa password atau semacamnya. Tapi curhatnya yang lengkap jadi pakarnya bisa mengerti kondisi anda dan bisa menawarkan solusi terbaiknya.

Kurang lebih kalau masalah anda sama, Paling anda akan ditawari.
  • Gunakan berbagai perangkat dan koneksi internet yang pernah kamu gunakan untuk mengakses akun tersebut. Biasanya bukti kepemilikan dapat dideteksi oleh Google dengan cara ini.
  • Lebih banyak menebak jawaban ketika kamu yakin bahwa kamu tidak tahu jawabannya. Lebih baik jika kamu mengingatnya, misalnya ketika kamu ditanyakan mengenai sandi, maka kamu dapat menjawabnya dengan sandi yang kamu ingat dan akan lebih membantu jika kamu menggunakan sandi yang terbaru.
  • Biasanya, Google akan menanyakan tanggal pembuatan akun. Kamu dapat menemukan jawabannya dengan mencari email yang pernah dikirimkan oleh Google melalui email alternatif kamu. Biasanya akan dikirimkan melalui mail-n...@google.com dengan subjek Alamat Gmail Anda .... telah dibuat.
  • Ikuti juga Tips untuk menyelesaikan langkah pemulihan akun
  • Kamu juga dapat meminta nomor baru dari operator selular yang sama dengan nomor lama ini (jika nomor lama tersebut sudah tidak aktif).
Nah itu jawaban pakar atas masalah saya. 

Saya terus saja membalas jawaban dari pakar agar mendapat petunjuk bagaimana menonaktifkan email yang sudah terkunci begitu sampai akhirnya bisa kembali. Jika anda ingin tahu chat saya dengan sang pakar bisa baca Disini

Dan poin pentingnya.. jika akunya penting lebih baik selalu memasukan opsi pemulihan melalui nomor HP, atau Email. Karna itu penting sekali buat bisa membalikan akun email. 

Dan setelah akun saya kembali.. PRnya adalah memerika akun adsense.

2. Melanggar kebijakan adsense

Kebijakan adsense itu banyak sekali. Tapi poin pentingnya adalah.. bahwa kita publisher harus menampilkan blog untuk layak baca. Artinya navigasi itu tidak boleh menutupi iklan atau sulit diakses pembaca. Dan konten dari blog kita tidak boleh ada yang melanggar. Nah salah satu pelanggaran yang saya buat secara tidak sadar adalah membuat konten berbohong. 

Yah sebenarnya itu tidak bohong tapi google mendeteksi bahwa link yang saya pakai ternyata link tersebut saat ini menuju ke suatu website yang sudah ditakedown karena melakukan kejahatan. Sayanya sih bener, tapi website yang saya rekomendasikan itu yang bohong. Jadi ya apa boleh buat?

Terus dimana kita bisa tahu kalau kita melanggar kebijakan?.

Jawabanya ada di.. 
  • Login akun adsense dulu.
  • Cari Pusat kebijakan
  • Nah.. disini kalau ada blog yang melanggar, entah itu hanya satu atau dua artikel. Atau pelanggaran lainnya. Google selalu memberi notifikasinya. Jadi harus sering-sering memantau bagian ini.

Pusat kebijakan adsense

Cara mengembalikan akun adsense yang dinonaktifkan?

Google itu baik hati. Jadi yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki kesalahan dengan membaca pelanggaran apa yang kita buat. Lalu kita lakukan perintah google. Misalnya dalam kasus ini, saya membuat artikel yang berbohong (dalam arti sebenarnya). Maka google memerintahkan saya untuk menghapus atau memperbaiki artikel tersebut. Masih di halaman yang sama, kita bisa mengajukan banding ke google kalau kita sudah tidak melanggar aturan. Setelah beberapa hari, nanti google akan mengirim email. Seperti dibawah ini.

Naik banding ke google

Tapi sampai saat ini. Blog ini masih belum aktif iklannya. Google telah memberi peringatan sebagai berikut.

Tayangan iklan dihentikan
Bagi saya sih.. yang penting sudah aktif lagi. Karna kalau banned permanen amsyong sudah. Tapi saya pun sudah mempersiapkan bila memang suatu saat saya mengalami banned permanen misalnya dengan ikut program afiliasi atau menjual produk sendiri diblog. 

Berarti tinggal nunggu sampai iklan kembali aktif. Begitulah bagaimana saya mengembalikan akun email yang tidak bisa login karena verifikasi 2 langkah dan nomor terblokir, sekaligus akun adsense yang dinonaktifkan. Mungkin artikel ini masih belum lengkap. Jika demikian, meminta bantuan dari forum adalah yang terbaik. Karena setiap pertanyaan akan langsung dijawab. Terimakasih sudah membaca.

Post a Comment

0 Comments