Pengen kekar, jaga berat badan atau kurus?. Coba aplikasi ini.

Sejak beberapa bulan yang lalu saya memang sudah berniat bahwa saya ingin gemuk. Ya, untuk tinggi tubuh 165 Cm, maka berat 47-49 itu masihlah kurus. Idealnya saya harus mencapai 50 KG. Tapi pernah juga saya bahkan hanya memiliki berat 45 KG. Waw, kurus sekali bukan?. Ya. Begitulah. Sampai-sampai saat saya ngaca, saya melihat beberapa tulang rusuk saya kelihatan dan entah kenapa otot ditubuh saya serasa menghilang.


Otot bagian belakang


Lalu saat saya bekerja dan lagi tidak ada pekerjaan saya coba buka artikel tentang bagaimana sih supaya bisa gemuk. Karena menurut saya, untuk bisa gemuk itu susah sekali. Saya sudah coba berbagai cara dan semuanya nonsense saja. Ehm, singkat cerita saya menemukan artikel bagus yakni tentang menghitung kalori. Saya menerjemahkan kalori sebagai bahan bakar tubuh agar dapat bergerak. Kalori bisa didapat ketika kita mengonsumsi sesuatu. Apa saja yang kita makan akan dihitung sebagai kalori kecuali mungkin air.

Dalam artikel tersebut, jika seseorang ingin menambah berat badan maka ia harus mengonsumsi makanan agar kebutuhan kalori hariannya terpenuhi. Syarat kedua adalah tidak banyak bergerak. Itu saja. Sehingga jika dibalikan lagi, maka untuk menjadi kurus maka seseorang harus banyak bergerak dan mengurangi makanannya sehingga kebutuhan kalori yang kurang tadi akan diambil dari tubuh (lemak). Selanjutnya yang terakhir adalah untuk menjaga berat badan, maka yang diperlukan adalah menyeimbangkan antara makan dan aktivitas.

Nah, masalahnya adalah bagaimana saya tahu kebutuhan kalori saya?. Lalu saya coba cari lagi artikel tentang itu. Dan saya dapatkan sebuah artikel yang membahas aplikasi yang dapat menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan sesuai dengan target kita apakah mau gemuk, kurus atau stabil. Nama aplikasinya adalah Myfitness Pal. Sebuah aplikasi untuk membantu anda berdiet sehat. Dilengkapi dengan jejaring sosial dan menu makanan yang komplit sekali beserta nutrisi yang terkandung didalamnya. 

Singkat cerita, saya tahu bahwa saya ini tergolong kurus dan untuk menambah berat badan maka saya harus makan 3 kali sehari atau harus sampai pada kalori >1980 kalori. Ini lah penyebab saya kurus terus. Selama ini saya memang jarang makan. Bahkan pernah selama satu minggu, saya hanya makan 7 kali saja. Artinya, dalam sehari, saya makan ya hanya sekali, siang thok. 

Nah, celakanya pekerjaan saya adalah pekerjaan yang banyak bergerak. Jadilah saya kurus plus banget. Jadi sejak saat ini saya mencoba untuk makan teratur 3 kali sehari. Dan setiap habis makan, saya mencatatnya di Myfintes Pal.  Nantinya, jika saya sudah memenuhi target harian maka aplikasi ini akan mengukur kemajuan saya. 

Karena ini sudah menjadi kebiasaan saya, maka saya pikir, tanggung sekali kalau hanya menambah berat badan saja. Kenapa tidak sekalian saja pengen kekar. Biasa, anak mudaa. Nah, kalau ini sih perlu latihan yang tidak sebentar. Artinya tubuh saya mungkin saja bisa menjadi kekar apabila misalnya dalam satu atau dua tahun, saya rutin olahraga disertai menjaga nutrisi yang super ketat. 

Oya, beberapa olahraga tidak cocok dilakukan oleh kriteria orang tertentu. Manula misalnya, tidak dianjurkan untuk lari atau basket. Jadi cobalah mencari olahraga apa yang kira-kira bisa anda lakukan dengan berat badan anda saat ini. Kalau saya, lebih suka push up, sit up dan dumble saja. Kalau kekarnya kapan jangan ditanya. Bisa dua tahun, setahun atau mungkin juga 6 bulan tergantung frekuensi olahraga yang dilakukan. Tapi sepertinya sih bisa sampai dua tahunan ya hehe. Selamat mencoba. ^^

Post a Comment

0 Comments