Susahnya taubat dari main COC

Siapa bilang taubat itu hanya untuk orang yang melakukan perbuatan dosa saja?. Hari gini banyak sekali taubat-taubat dalam arti lainnya. Misalnya saja taubat dari main COC. Rasanya sudah meng-uninstall game ini tapi baru beberapa hari tidak main terus diinstall lagi. Inikah yang namanya taubat sambal?.

Banyak para gamers yang akhirnya berhenti main game karena berdampak buruk bagi kesehatan jasmani rohani dan sosial ekonomi. Salah satunya ya saya sendiri mungkin. Tapi meski begitu karena sudah kecanduan akhirnya game ini benar-benar membuat saya tidak bisa lepas darinya. Sudah seperti obat saja. Padahal mungkin jika dilihat lagi dari sisi kesehatan, game ini juga bisa saja menimbulkan efek yang tidak baik.

taubat main coc


COC bisa mengganggu kesehatan jasmani

Setelah beberapa bulan bermain kadang kala sudah larut malam bahkan sudah masuk waktu pagi dini hari pun mata masih melotot, tangan masih memegang handphone padahal kepala sudah nyut-nyut. Dari sini saya juga sadar, kalau COC sudah menghipnotis saya untuk stay on sampai pagi. Dan efeknya adalah penyakit ngantuk pada pagi hari, dan jika dilakukan dalam jangka panjang mungkin saja dapat menyebabkan penjakit jantung.

COC bikin sholat telat

Sudah dengar adzan, tangan masih pegang HP. Sudah iqomah tangan masih pegang HP. Dan bahkan yang ada dimasjid sudah pulang dari shoalt berjamaah pun kadang tangan saya masih pegang HP. Untuk apa?. Ya main COC. Dari sini saya juga tahu kalau COC bisa menyebabkan kesehatan rohani saya terganggu. 

COC membuat kita jadi mahluk individual terus.

Didalam ilmu Sosial, manusia dikatakan mahluk sosial yang butuh akan orang lain. Tetapi disatu sisi terkadang manusia juga perlu sendiri sehingga dikatakan sebagai mahluk individu. Tapi kalau individu-nya kebanyakan mungkin ini juga akan mengakibatkan terganggunya kesehatan sosial kita. Misalnya saat ada acara buka bersama, ketika orang lain bersilaturahmi dan ngobrol bareng, base kita dirampok, Wah sialan!. Akhirnya buka HP main COC. Jika sudah begitu kita jadi mahluk individual terus. Dan ini namanya mengganggu kesehatan sosial.

COC boros duit

Percaya atau tidak, ada pemain yang menghabiskan uangnya untuk membeli gem. Gem adalah batu hijau dalam game ini yang kalau kita membelinya dari playstore harga untuk 500 gem adalah sekitar Rp.59.000. Mahal sekali bukan?. Tapi ada pemain yang membeli gem hingga jutaan rupiah hanya untuk mempercepat pembangunan. Kalau yang ini tidak berlaku buat saya. Karena saya miskin dan ingin bermain yang biasa saja. Hehe.

Kalau soal ngeblog saya tetap lakukan karena memang itu hobi saya. Tetapi kadang juga aktivitas ngeblog saya juga terganggu karena biasanya kalau saya pulang kerja langsung buka laptop buat artikel. Sekarang pulang kerja buka HP main COC. ^^ Untuk itu sebenarnya game seperti ini jangan sampai anda coba (khusus blogger). 

Untuk benar-benar lepas dari game ini mungkin saya harus telpon pemilik game supaya akun saya dinonaktifkan semua. Satu akun sudah saya berikan ke adik keponakan, sisa dua lagi. Mau dijual sayang.. inilah deritanya main COC. Susah taubatnya hehe. 

Post a Comment

7 Comments

  1. pasti deh tuh...
    sama kayak si doi, kalau lagi kerumah yang dia lihat pasti COC -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen saya aja itu ampe pacaranya diajakin main COC Neng, ya begitulah.. COC menyatukan dua hati haha.

      Delete
  2. Untung saya nggak pernah coba game coc mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas, khawatir kalau kecanduan kayak saya.

      Delete
  3. Haha sama,saya juga sampai 3kali ganti hp sejak maen coc gan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 kali?. Banyak banget?. Itu rusak apa kenapa kok sampe 3 kali gitu?.

      Delete
  4. Kalau saya mainnya heroes charge.. udah sampai rank 1 arena di server akhirnya berhenti..

    Tapi ya duit udh habis 11juta. Haha

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.