Bau badan dan solusinya

Meme bau ketek


3 tahun selama masa SMK saya dulu merupakan masa yang indah tapi banyak juga sih yang tidak indah. Salah satunya adalah bau badan atau bau ketek/ketiak. Entah kenapa, sejak saya masuk SMK keringat saya jadi sangat bau dan itu membuat saya kadang tidak PD saat harus mengangkat tangan. 

Hm jika bicara fakta ya, rata-rata semua orang yang bau badan itu tidak mencium bau badannya sendiri. Saya memang bau badan, tetapi waktu itu saya tidak mencium bau badan sendiri sehingga saya enjoy saja walau sebetulnya, mungkin orang disebelah saya ingin muntah kalau ada didekat saya. Dan, saya yakin bahwa banyak sekali orang yang badannya bau tapi nggak pada ngeh kalau badannya sangat bau. 

Tapi, fakta kedua, Rata-rata semua orang yang mencium bau badan orang lain tidak mau memberitahukannya karena sungkan. Nah ini lho problem utama kenapa saya selama 3 tahun bau badan itu yang memberi tahu ya ibu tercinta saja. Selain itu tidak ada orang komplain kepada saya soal keringat saya yang baunya kayak wedus gibas (shoun the sheep).

Akhirnya setiap hari mungkin teman saya yang berada didekat saya harus menderita. Tapi kini semua sudah berakhir. Alhamdulillah dengan usaha, bau badan saya sirnah seketika. Hehe. Apa sih rahasianya?. Saya mau cerita panjang lebar biar anda semua ngerti.

1. Makan daun beluntas

Daun beluntas itu tanaman obat yang kata ibu saya (tukang jamu gendong) adalah obat untuk bau badan. Jadi selama sebulan setiap paginya saya dibuatkan ramuan daun beluntas yang ditumbuk halus dan diambil airnya. Saya minum terus tapi bukannya sembuh malah badan saya bau daun. Keringat saya memang tidak begitu bau tapi saya malah mencium bau yang bukan keringat saya.

2. Pakai daun Mangkok-mangkokan buat lalap

Daun mangkok-mangkokan itu ada dimana-mana. Biasanya buat hiasan saja tetapi ternyata memang daun mangkok-mangkokan ini bisa mengobati bau badan. Hanya saja meski saya sudah makan daun ini sebagai lalapan, lagi-lagi bau badan saya tidak berkurang, tetapi hanya berubah baunya menjadi bau daun saja.

3. Pakai bedak deodoran

Akhirnya ibu saya nyerah dan membelikan bedak doedoran. Yah saya mah nurut saja karena memang saya orangnya penurut hehe. Tapi setelah pakai bedak, saya nggak tahu kenapa rambut diketiak saya malah jadi pada putih. Nah mungkin ini istilahnya bubur ketek ya?. Hii. 

berbagai macam cara sudah dilakukan tapi tidak membuahkan hasil. Akhirnya ibu saya tidak pernah komplain soal bau badan saya. Ya kadang beliau cuma bilang "Ry ketekmu sedep bener..". Lalu saya mencium ketek saya sendiri. Dan ini juga fakta lainnya bahwa laki-laki kadang suka mencium keteknya sendiri padahal bau. Eh, apa saya sendiri yang melakukannya hehe.

4.Olahraga plus makan sehat.

Bismillah.. akhirnya saya mulai olahraga rutin setiap hari. Kalau tidak ada waktu dipagi hari, maka saya ambil waktu disore hari untuk berolaraga hingga mengeluarkan keringat. Kira-kira dalam 30 menit saya lakukan skipping, push up, sit up, dan squad jump. Semuanya saya niatkan buat sehat saja. Jika pun olahraga yang saya lakukan ternyata tidak membuat bau badan berkurang ya sudah yang penting saya sudah sehat.

Bismillah.. dulu saya punya kegemaran buat makan apa saja. Pokoknya semua saya 'lhep'. Saya pikir ada baiknya memilih-milih makanan yang akan dimakan. Akhirnya saya terapkan makan 4 sehat setiap hari. Ya minimal ada nasi, sayur, lauk pauk. Jika tidak ada buah dan susu ya nggak papa lah.

5. Pakai rekosan for men

Boleh nyebut merek nggak ya?. Ya, jika saya tahu merek ini ampuh maka dari awal saya akan pakai. Dulu saya sempat pakai tapi yang oles (lotion). Sekarang saya beli yang rol on dan tinggal sur-sur saja ke ketek. Saya lakukan setiap selesai mandi. Berangsur-angsur bau badan saya hilang. Ketek saya juga tidak ada putih-putihnya lagi.

6. Pakai parfum

Parfum bisa mengurangi bau badan.. tidak mengurangi sih hanya menyamarkan saja. Paling tidak orang lain jadi tidak terganggu karena bau yang kita keluarkan apabila kita sudah pakai parfum.


Menurut pendapat saya sih, yang mempengaruhi bau badan adalah makanan. Seperti daun beluntas tadi yang dapat merubah bau badan jadi ala-ala daun. Jadi coba makan-makanan yang sehat. Selain itu olahraga itu juga perlu. Karena tubuh mengeluarkan racun dari kulit. Sehingga mungkin saja racun-racun yang menyebabkan bau badan ini keluar bersama keringat.

Nah itulah kisah bau badan saya dan solusinya. Satu pertanyaan dari saya, beranikah anda menegur teman yang bau badan dan memberinya saran?. 

Post a Comment

4 Comments

  1. Ada juga yang pake jeruk nipis mas... Cukup diolesi langsung di TEKAPE!!! Hehehe... Kalo saya langganan deodorant Rexona. *ini bukan iklan terselubung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru nih.. tapi apa ya nggak perih mas Hendra?.

      Delete
    2. Nggak tau, saya kan belum nyoba pake jeruk nipis mas. Ya kalo ada luka, jangan diolesin lah, pasti perih.

      Delete
    3. Tapi siapa juga ya mas yang mau pake jeruk nipis dioles-oles ke ketek haha. Nggak prakstis amat mendingan pake sunlight aja mas kan ada jeruk nipisnya juga tho. haha.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.