Salah ketik pada artikel bahasa Inggris?. Tidak lagi.

Bahasa Inggris sama sekali tidak seperti bahasa Indonesia. Ada spelling and grammar. Mungkin kalau dalam bahasa Indonesia namanya EYD ya?. Kalau begitu apakah sama?. Mengenai aturan, ya memang sama. Keduanya memiliki aturan. Dan peraturan EYD-nya bahasa Inggris nampaknya lebih susah ketimbang EYD-nya bahasa Indonesia, itu karena saya dan mungkin anda terlahir di bumi Indonesia sehingga EYD-nya bahasa inggris menjadi sedikit lebih sulit.

Salah ketik


EYD adalah singkatan dari Ejaan Yang Disempurnakan. Dalam tata bahasa Indonesia kita mengenal banyak sekali peraturan seperti kata imbuhan, tanda baca, frasa dan sebagainya. Dan dahulu kita saat belajar disekolah wajib mengetahuinya. Namun kini saya pribadi sudah lupa dengan itu semua. Karena kalau hanya untuk menulis didunia Internet (bukan untuk membuat skripsi), kita mungkin tidak terlalu fokus kepada EYD. Tapi tunggu dulu. Bagaimana jika kita menulis artikel berbahasa Inggris?.

Artikel berbahasa Inggris tentu sedikit sulit dibuat dari pada bahasa Indonesia. Biasanya kesulitan utamanya adalah karena minimnya kosa kata yang kita miliki sehingga kita selalu membuka kamus atau menggunakan jasa translasi dari google translator. Kesulitan kedua adalah kita juga dituntut untuk merangkai kalimat. Alhasil terkadang kita lupa dengan spelling atau ejaannya karena terlalu fokus dengan kedua hal diatas.

Nah sekarang mungkin salah ketik pada artikel bahasa Inggris ini tidak akan terjadi lagi kepada anda jika anda memiliki ms.word. Disana ada satu fitur untuk memeriksa ejaan dan aturan (grammar) bahasa Inggris. Sehingga kesalahan ketik akan menjadi berkurang hingga 90%. 

Bagaimana menggunakan fitur Spelling and Grammar pada Ms. Word?.

Caranya super mudah, ini adalah hal yang umum dan seharusnya kita semua sudah tahu bagaimana menggunakannya. Akan tetapi akan saya coba berikan cara singkatnya saja yakni buka ms.Word lalu pilih semua kata (Select All) dengan menekan ctrl + A. Lalu tekan f7 jika anda menggunakan ms.word 2010. Atau anda bisa mengaksesnya pada menu  Review>Spelling & Grammar pada ms.word 2007.


Dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh ms.word secara gratis ini akan mengurangi kesalahan ketik. Sayang sekali tidak mendukung bahasa Indonesia. Tapi nanti saya akan coba mencari apakah sudah mendukung bahasa Indonesia atau belum. Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments