Ketika blogger dihadapkan dengan sinyal lemah

Menjadi seorang blogger itu tidak mudah. Banyak sekali problem yang akan kita hadapi termasuk salah satunya ketika dihadapkan dengan sinyal lemah. Terkadang semangat menulis kita sedang tinggi sekali. Tapi sayang sinyalnya ngadat, mau tidak mau harus ada cara lain supaya tetap bisa mengupdate blog. 

Mungkin bulan Maret kemarin adalah bulan yang lebih malas dari Februari. Jika dibulan Februari saya masih bisa membuat satu dua artikel, nah ini saya sangat jarang sekali. Penyebab utamanya adalah karena saya sedang upgrade akun adsense. Silahkan baca di : Ucapan selamat datang dari Adsense

Ketika blogger dihadapkan dengan sinyal lemah


Prosesnya ternyata tidak sulit. Hanya kita terkadang ceroboh dan membuatnya menjadi sulit. Nah selain itu, yang agak membuat kesal adalah sinyal atau kekuatan jaringan yang lemah. Saya tidak mau ngejek produk apapun lagi deh suwer. Takut dibanned soalnya.^^

Tapi, mungkin itu hanya 'excuse' atas apa yang tidak bisa kita lakukan. Itu adalah alasan karena kita tidak bisa mengejar target. Saya kadang bertanya, lha gimana dapat 1000 artikel kalau satu saja bikinnya 3 hari sekali?.  Lalu atas pertanyaan itu muncullah berbagai alasan supaya saya aman dari intimidasi harus buat 1000 artikel. 

Sebenarnya, kita bisa saja tetap mengupdate blog meski dihadapkan dengan sinyal yang lemah. Mungkin beberapa tip dibawah ini bisa diterapkan.

1. Menulis di notepad/wordpad/ms.word

Jika sudah mentok, saya kadang suka menulis dahulu di note pad. Disetiap komputer selalu ada note pad-nya. Jadi tidak ada alasan kan?. Tapi pasti deh ada lagi. Karena alasan itu sama seperti bawang, kulitnya berlapis-lapis. Jika lapisan pertama dikupas pasti ada lapisan kedua dan seterusnya. Tapi akan mentok pada lapisan terakhir. Jadi saya bisa katakan kulit terakhir-nya adalah rasa malas. Sedang yang lainnya itu cuma kulit luar saja.

2. Meminjam koneksi internet tempat kerja

Ada sebagian blogger yang melakukan aktivitas blogging ditempat kerja dengan cara meminjam koneksi. Meminjam sebenarnya bukan kata yang tepat, mengapa?. Karena terkadang Perusahaan tertentu tidak memperbolehkan karyawannya menggunakan koneksi internetnya. Alasannya sudah jelas, kita bekerja untuk dibayar. Atau terbalik?. Kita dibayar untuk bekerja. Jadi Perusahaan ingin untung, kita pun sebaliknya.  Mungkin kata yang tepat adalah "memakai". Artinya kita illegal alias tidak diridhoi oleh pemiliki perusahaan. Hehe.

Tapi, ada juga perusahaan yang baik hati. Mereka memperbolehkan karyawan untuk memakai internet kapan saja dengan syarat 'bayar' (kidding). Nah kalau begitu, silahkan ngeblog sepuasnya. Bahkan jika perlu silahkan nge-youtube dan upload video terbaru anda.

3. Jalan-jalan dan cari ide atau cari Wifi?

Ide tidak datang dengan sendirinya. Perlu ada proses berpikir terlebih dahulu. Beberapa orang didunia menciptakan ide brilian ketika mereka jalan-jalan atau bahasa kerennya traveling. Penulis Asma Nadia saja bahkan membukukan hasil dari perjalanannya keliling dunia lho. Meskipun banyak orang punya 'uang', belum tentu mereka siap buat traveling. Perlu persiapan ini dan itu supaya lebih mantap. Ide menulis buku tersebut datang dari "jalan-jalan".

Sementara ini, jika kita seorang blogger sedang menghadapi sinyal lemah, boleh kok keluar rumah dan cari wifi. Mungkin saja setelah anda keluar rumah, dan mendapat sinyal wifi tiba-tiba anda ketiban wangsit brilian. Siapa tahu?.

4. Ganti kartu!

Kadang gedeg juga sih. Masa sinyal lemah kok tiap hari?. Kalau sudah begini, lebih baik segera ganti kartu. Gampang kan?. Tidak perlu nulis di note pad, pinjam perusahaan atau kudu nyari sinyal wifi. Simpel dan mudah dilakukan. Plus tidak perlu harus menulis artikel seperti yang saya lakukan. Kesel saja sampai diungkapkan diblog. 

Setelah ganti kartu, masalah sinyal lemah anda bisa jadi tetap ada. Karena harus diuji dulu kartu apa yang terbaik di daerah anda. Itulah sekilas info ketika blogger dihadapkan dengan sinyal lemah.

Post a Comment

7 Comments

  1. Hahaha true story buat blogger nih. Ealah mas Ary ujung-ujungnya ganti kartu juga. Teteup~

    ReplyDelete
  2. Artikelnya mengena banget pada saya yang beberapa hari ini kesulitan akses internet...

    ReplyDelete
  3. @ Deva Fredeva : Iya nih mbak, lagi kesel saya ama sinyal. Kalau tiap hari ga bisa update blog gara-gara itu mah mendingan ganti sekalian.

    @ Abu Zaini : Iya Mas Abu, susah bingit. Saya jadi males mau ngupdate. Tapi setidaknya harus ada aktivitas nulis di notepad. Supaya kalo sinyal dah balik tinggal copy aja.

    ReplyDelete
  4. Bener tuh Mas, kalau sinyal lemah, aktivitas browsing, ngeblog dan lainnya jadi terhenti. Ťapi untuk nulis artikel, saya ngandelin aplikasi Blogeroid di Hape Mas, soalnya gak perlu koneksi internet, hehehe...

    ReplyDelete
  5. Mas Ary, kebagian jatah Liebster Award dari saya. Cek postingannya di blog saya ya... Makasih

    ReplyDelete
  6. @ Hendra Suhendra : Iya nih.. sebel kalau sinyal lemah. Nulis jadi susah. Sudah saya cek mas Award-nya. Nanti segera saya buat tapi saya tempel di laman saja ya. Hehe.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.