Mengapa soal US SD Matematika begitu sulit?

Soal US SD Matematika baru saja saya kerjakan pagi ini. Entah mengapa itu jadi begitu sulit!!. Sebelumnya kalau boleh nyombong ..^^ saya dulu oon waktu masih SD untuk bidang matematika. Tapi sejak SMK, nilai saya berubah derastis. Angka terakhir yang saya dapat untuk lulus UN adalah 9 koma berapa gitu. Lupa soalnya. Untuk meraih nilai ini sejak awal masuk SMK sampai lulus saya selalu dapat nilai diatas rata-rata dan pernah juga menjadi tutor untuk teman-teman saya. 



Kalkulator

Tapi, kenapa mengerjakan soal US SD saja lama sekali??

20 soal saya kerjakan lebih dari 42 menit. Artinya sekitar 2 menit untuk satu soal saja. Wew.. apakah otak saya mulai tumpul karena tidak pernah diasah?. Rasanya sih masih normal karena ditempat pekerjaan saya juga sering ada proses hitung-menghitung. Dan matematika adalah ilmu eksak yang tidak pernah lepas dari kehidupan. Akhirnya saya sadar, soal SD sekalipun sekarang ada yang sulit dan terasa impossible sekali.

Saya paham kalau ada beberapa tipe soal yang benar-benar membutuhkan logika. Tanpanya seorang anak akan kesulitan dalam memahami matematika. Yang menjadi pertanyaan dibenak saya, kalau saya saja sulit mengerjakan ini apa lagi nanti anak saya?. Bisa-bisa botak kepalanya mengerjakan soal seperti itu.

Angkanya ribuan!. Dulu saya SD dapat nilai 4,5 saat UN saja itu soalnya mudah kok tidak ada ribuannya. Semua puluhan. Dan juga soal tipe logika masih sangat jarang. Tapi ini super sekali ya?.

Untuk memberi gambaran soal yang saya kerjakan yuk mari mencoba sedikit untuk testing saja apakah masih  ingat soal dibawah ini?.

SOAL logika FPB-KPK

Pak Hadi membagikan bantuan berupa 96 Kg beras, 80 bungkus mie instan dan 64 kemasan minyak goreng kepada tetangganya. Jika tiap orang menerima bantuan sama banyaknya dan merata, berapa orang maksimal tetangga pak Hadi yang mendapat bantuan tersebut?.

Jawaban : 
a.4 orang
b.8 orang
c.12 orang
d.16 orang.

penerapan dalam kehidupan. Jika mau membagikan pasti persediaannya dilebihkan supaya tidak kekurangan. Jadi yang 96 kg mungkin bertambah jadi 100 kg. Karena kita tidak menghitung berapa jumlah tetangga, benar?.

SOAL Akar pangkat

Hasil dari 34² + √5.184 =...

Sudah dua soal saja. Mungkin kalau belajar dulu sebelum mengerjakan paling hanya butuh waktu 1 menit untuk satu soalnya. Lalu anda butuh waktu berapa menit?. Saya mah sudah dapat contekan jadi cukup lihat kunci jawaban ^^. Ups jangan ditiru!

Nah kalau anda punya anak SD dan sebentar lagi mau menghadapi US apakah sudah dipersiapkan semua pengetahuannya akan soal-soal diatas?. Alasan saya belajar lagi matematika adalah bukan karena saya sok pintar, tetapi karena saya paham setiap tahun soalnya berganti dan bagaimana bila soalnya sulit seperti diatas?. Menurut saya untuk anak SD soal tersebut memang masuk kategori sulit. Soal lainnya pun tak kalah sulit.

TIPS mengerjakan US SD Matematika

Kerjakan tipe soal yang sudah dikuasai 100%. Pastikan jawaban itu benar. Sisanya adalah tipe sedang dan sulit. Bila dirasa sudah lebih dari satu menit dan tidak dapat jawaban maka langkah saja kesoal yang paling bisa dikerjakan. Jangan terpaku pada satu soal sulit yang tidak bisa dikerjakan, itu membuang-buang waktu.

TIPS untuk orang tua

Sebagai orang tua yang baik, seharusnya anda menemani anak dalam belajar. Bantulah anak meraih nilai yang baik disetiap kesempatan. Ajak dia bermain game matematika sehingga belajar tidak melulu harus didepan buku. Permudah baginya untuk memahami sesuatu yang sulit dengan cara belajarnya. Jika perlu ajaklah untuk pergi ke tempat bimbel. Disana ada banyak anak yang juga belajar. Namun pastikan anda memiliki cukup uang untuk biaya pendidikannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

8 Comments

  1. Waah baca postingan ini saya jadi kayak nostalgia sama soal-soal matematika SD mas. :D
    Soal logikanya bener juga yaa .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe.. soal SD sekarang gilaa susah banget. Apa saya aja emang oon?, Entahlah..

      Delete
  2. saya juga bingung, padahal sudah nggak sekolah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaiya to mas Wong hehe.. kita mah udah tinggal cari duit aja nih ^^. Yang beginian sih lempar ke bimbel. Tapi kalo masih bisa kan nanti jadi guru buat anak juga.

      Delete
  3. Susah bagi yang anggap susah, gampang bagi yang anggap gampang dan cuek ama MTK hehe... Doktrin sejak awal udah bikin murid ketakutan denger MTK gan...

    Salam blogging dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. saya bisa karena saya mencoba. Sumpah dulu saya goblok banget ama mtk. Pelajaran paling sulit diantara yang sulit. Nilai saya paling rendah sekelas. Tapi karena mau nyoba akhirnya perlahan ada kenaikan.. yah lumayan lah. Sedang yang masih takut-takut buat mencoba rata-rata mentok disitu aja. Padahal nyoba aja kan gratis.. ga dimarahin ga digebukin.. mungkin mereka malas..

      Delete
  4. Mungkin otak kita sudah terlalu lama hibernasi menghadapi soalan seperti itu, makanya jadi susah banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kali ya hehe.. udah lama juga ga buka buku soalnya. Meski bisa tapi cukup lama.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.