Merubah template blog ada resikonya

Merubah template blog tentu ada resikonya . Terutama kalau masih newbie seperti saya ^^. Sejak satu hari yang lalu, saya sudah mulai mencopot template lama buatan Ivy themes dan menggantinya dengan buatan orang Indonesia, mas Herdiansyah Hamzah. Saya tidak tahu siapa beliau, karena awalnya saya cuma mencari lewat google dan ketemu dengan artikel yang judulnya pun saya lupa, kalau tidak salah 30 template responsive design for blog. Yang jelas ada angka 30 di awal judul post tersebut. 


Setelah merubah template, ternyata akibatnya langsung terasa. Apa saja itu?

1. Visitor langsung turun separuh.

Ini sangatlah wajar, mengingat blog yang sudah seperti Juragan Cipir saja tetap mengalami penurunan visitor akibat ganti platform. Dengan template baru tentu saja google punya pekerjaan baru, yaitu merayapi struktur blog tersebut. Untungnya, blog ini hanya mengalami penurunan sebesar 50 %.  Dan andai kata sampai ke angka 90% pun, saya tidak apa-apa. Karena ini memang sudah resiko. Nanti jika sudah 3 mingguan lagi pasti visitornya akan kembali seperti semula. Lihat ini : Apakah blog saya terkena deindex?


berubah jadi ganteng

2. Melepas Iklan untuk sementara

Kalau anda adalah publisher adsense maka ada hal yang harus dihindari ketika mengganti template. Yakni memasang iklan saat proses mengganti template. Jika tetap dilakukan maka resikonya adalah iklan adsense anda akan tampil "semrawut". Sangat tidak rapih. Agar tampil maksimal dan memberikan performa yang dahsyat maka saya harus rela melepas iklan untuk sementara yaitu pada saat pergantian template. Lihat juga : Opera mini dan UC memblok adsense?

3. Salah edit template

Yang ini apa lagi?. Saya memang sedikit "oon" kalau soal coding. Dulu saja, sewaktu belajar ngeblog pertama kali, seharian saya duduk didepan laptop hanya untuk mencoba mengganti tampilan blog. Bahkan direla-relain begadang sampai jam 2 pagi. Setelah itu dibablaskan sampai subuh san harus bekerja jam 8 tepat. Wuih mantep sekali deh. Taukah anda, dari begadang itu ternyata tidak menghasilkan perubahan signifikan dari visitor blog. Akhirnya saya pasrahkan saja kepada Ivy theme agar merubah template blog saya menjadi lebih SEO. 

Mengapa bisa sampai begadang, alasannya sederhana. Karena saya tidak tahu "koding". Jadi sedikit-sedikit ganti, lepas lagi, lalu hapus sana-sini. Semuanya malah jadi berantakan. Nah, saran saya kalau memang tidak bisa koding seperti "ary". Lebih baik pakai template jadi saja. Meski demikian tidak lantas tinggal tempel saja melainkan ada yang harus dibenahi semisal widget menu horizontal dan label.  Setidaknya pekerjaan kita jadi lebih cepat karena tidak mengurus hal yang tidak bisa dilakukan. 

4. Template Error karena ada elemen yang berubah

Lagi-lagi soal kode. Biasanya, kode HTML itu kalau salah satu titik saja bisa menyebabkan tidak berfungsinya kode yang lain. Teman saya pernah berkata, " Temanku aja waktu ujian praktik, dia nangis cuma gara-gara salah titik dua". Nah dari sini kita sudah bisa belajar. Ternyata jadi blogger itu juga harus mau belajar template blog, sesuatu yang tidak mudah yang bahkan seorang pelajar ilmu koding saja harus menangis karenanya. 

Kita juga sebaiknya pernah mengalami yang namanya error dan sebagainya. Ini bertujuan agar nantinya ketika ada masalah template, kita tidak perlu bertanya kepada siapapun. Karena semuanya sudah ada di otak kita. Tinggal diterapkan, dan selesai.

Alasan Ganti template

Alasan utama saya merubah template adalah, 
Pertama saya tidak bisa merubah ini itu di template buatan Ivy. Kedua, saya ingin merubah nama domain bulan ini. Alhamdulillah sudah gajian, jadi bisa saya rubah segera. Dan yang terakhir adalah karena saya ingin iklan adsense bisa maksimal. Template lama memang SEO sekali. Tapi dijejali adsense berapapun tidak banyak yang mau. Akhirnya keputusan saya untuk merubah semakin membulat. Lihat Juga : Meningkatkan SEO ala Checkme

Saat ini, E.Learn9 masih dalam tahap pengeditan. Ada beberapa gambar diblog yang tidak mau ikut responsive dan juga iklan adsense di hompage belum bisa dihide. InsyaAllah semuanya kelar minggu ini. Sekalian nama domainnya juga. Sekian, semoga kita semakin jaya dan semakin didepan, Amin!
Lihat cara ganti template blog di : Tidak bisa mendandani blog? Tidak perlu risau

Post a Comment

20 Comments

  1. oh selain udah ganti template, pengen ganti domain juga ya mas.

    kalau boleh saya merekomendasikan. beli aja mas di Pusathosting.com, biayanya murah kemaren saya beli sekitar Rp 120.000. lalu, untuk setting settingnya, ngga diperluin. cukup Transfer bank dan beri alamat Password Blogger kita sekali aja, ntar mereka ubah dengan cepat. beresnya cepat mas, sekitar 1 - 2 hari selesai. nanti kalau udah di setting mereka, maka bisa ganti password lagi.

    saya rasanya blog keren ini everthinglearning masing menggunakan blogspot.

    tapi ngga tahu juga sih mas, mas bisa juga sih beli di tempat lagi. he he.., ada banyak kok. sesuai selera masing masing saja. he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benul mas. (benar + Betul). Wah info yang bagus mas.. tapi nanti saya check dulu apakah layanannya sering bermasalah atau tidak dan juga apakah Customer Service-nya cantik atau tidak. Karena kalau tidak cantik saya tidak mau. Hehe

      Delete
  2. Wah... Congratulations Mas. Nanti kalau sudah ganti domain, mohon dibahas di artikel ya, secara rinci, biayanya berapa, nama situs hosting apa. Biar siapa tau saya pun tertarik untuk ganti domain.

    Btw untuk visitors blog ini berapa per hari?
    Pageviewnya berapa per hari?

    Makasih. Sukses terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas dukungannya. Hm siap deh.. apapun saya bagikan kok. Prinsip ilmu itu, dikurang, dikurang malah bertambah. Artinya kalau dibagikan, insyaAllah ada kembalian lebih-nya. Amin!

      Soal visitor, kalau saya belum menyaingin mas Afrid Fransissco belum bisa diceritakan. ^^ Ini berarti PV-nya mas Afrid lebih besar mas..

      Delete
  3. Memang betul gan, kalau keseringan akan berakibat fatal , terimakasih sharenya, salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mas Hengki.. ilmunya sudah diterapkan. Senang berkenalan dengan agan.

      Delete
  4. iyaa mas mengganti template memang sangat beresiko terutama untuk masalah visitor :v soalnya dulu punya pengalaman pait pas ganti template semua nya jadi error tampilan jadi semrawut, Visitor hilang dan banyak dehh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe berarti kita sama dong.. itu ada mas Hengki bisa kita minta bantuan. InsyaAllah.

      Delete
  5. selamat malam Sob... sebelum ganti template ada baiknya backup dulu template lama untuk jaga jaga kalau template baru nanti error jadi masih bisa digunakan template lama. Kalau menurut pengalaman Pribadi waktu masih aktif dulu menulis tutorial blog,setelah ganti template agar segera Ping Blog agar blog segera terindeks kembali oleh mesin pencari,khususnya eyang google sehingga traffick tidak terlalu menurun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah mas.. kalau tidak nanti saya malah nangis hehe. Diback up saja masih ancur apa lagi tidak. Nambah ancur deh jadinya..Oke mas nanti saya lakukan

      Delete
  6. kalau menurut saya kertika mengganti template yang perlu diperhatikan adalah jangan mengganti meta tag yang udah lama dipasang...selanjutnya kalau mau pilih template, gunakan saja template sederhana yang tidak terlalu banyak menggunakan jquery, karena mudah loadingnya gan...selanjutnya cari juga template yang valid sama css3 dan html5 yang akan sangat support terhadap pada semua browser.....dan kelemahan dari ganti template adalah bahwa robot spider akan bekerja ulang untuk indeksi dan mengirimkannya pada mesin pencari...kalau masalah penurunan visitor itu bisa dikembalikan asal rajin blogwalking aja, dan itu itu tidak terlalu bermasalah gan...namun jangan terlalu sering aja ganti template karena banyak ruginya dan akibat buruknya terhadap indeksi konten yang sudah bagus posisnya di SERPs...sisanya ada baiknya memperhatikan tips yang ditulis pada artikel ini...ok makasih gan dan salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbah.. saya sendiri sudah mengkopi meta taq sebelumnya. Jadi robot google dan juga alexa tidak perlu kerja terlelu keras. Sebenarnya saya juga inginnya jago modifikasi template mbah.. jadi yang template yang lalu tapi diganti tampilan aja. Tapi karena nggak bisa ya udah sekalian aja ganti semua. Lagian yang lama juga tampilannya agak boring mbah.. Makasih sarannya.

      Delete
  7. visitor dan ganti template merupakan suatu hal yang sangat jauh berhubungan, visitor bisa kita dapatkan sebanyak-banyaknya hanya dengan menggunakan template defaul blogger, caranya rajin blogwalking dan terapkan SEO-keyword, sedangkan kalau sering ganti template hanya berpengaruh terhadap indeks.

    karena saat mengadopsi tampilan template baru, maka semua kode yang sebelumnya sudah terpasang dan terindeks pada template sebelumnya akan terhapus digantikan dengan kode template yang akan digunakan, jadi tidak berhubungan dengan penurunan visitor.

    hanya lalulintas blog semakin sepi karena posisi blog akan turun jauh di penelusuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang saya tunggu mbak.. terimakasih sudah membenarkan yang jahil ini. Jadi intinya karena posisi kita tergeser di mesin pencari ya mbak.. memang hasilnya sedikit sulit dipercaya mbak masak visitor tinggal ratusan.. gara-gara ganti template. Makanya saya ambil kesimpulan demikian.. tapi sudah diperbaiki oleh SUHU. Terimakasih Suhu Devy..

      Delete
  8. wah untung saja, saya sempet pengen ganti template... dan untung saja saya di bilangi sama teman saya agar jangan diganti karena ada resikonya ,,jadi seperti ini resiko nya.. cukup fatal juga..thanks before info nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau ganti template yang power full malah lebih asik kan mas?.. Ini cuma dugaan saja, soalnya saat dulu saya ganti tempate dari bawaan blogger ke punyaan Ivy, langsung melonjak. Padahal awalnya cuma 200 pv, selama sebulan naik sampai 3 rb-an. Sayang sekarang kembali ke posisi awal lagi.. wkwk.

      Delete
  9. om minta template yang ini dong :D kalau berkenan kasih di emailku kurniawanraga@gmail :D baguss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template ini saya beli seharga Rp. 82.000 rupiah pada bulan Mei 2015. Tempat membelinya di Evotemplates. Silahkan mengunjunginya, ada juga yang versi gratisannya.

      Delete
  10. Oalah.. Pantesan blog ane gak naik2 jumlah pengunjungnya gan. Haha.. Hobi otak-atik tema sih.. Btw thanks atas infonya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekedar diotak atik asalkan dibenerin lagi ya nggak masalah mas. Kalau diotak atik salah dan dibiarin walau cuma satu hari tapi langsung berefek. Makasih kunjungannya.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.