Review singkat Asus Zenfone 4 hebat!

Review singkat Asus Zenfone 4 hebat!


Langsung saja, sebelum saya ulas kita lihat dulu spesifikasi secara keseluruhan.

Dual sim (micro), 3G, TFT 4 Inci, 233 ppi, Intel Atom Z2520 dual core 1,2 GHz, 1 GB RAM, internal 4 GB, 5 MP belakang, 0.3 depan (vga). 1200 mAh li-ion

Saya tidak mau bicara banyak soal Zenfone 4 ini, anda tentu sudah mengerti spesifikasi diatas. Oleh karenanya saya hanya mau memberi sedikit gambaran kira-kira dengan spesifikasi tersebut kualitas Asus Zenfone 4 seperti apa. Mari coba kita lihat :

1. Dual Sim (micro Sim)

Sekarang ini rupanya kartu SIM jenis besar mulai ditinggalkan, saya melihat Telkomsel sudah mulai menggelontorkan micro SIM. Entah apakah nanti semua provider juga akan menggunakan micro SIM atau tidak. Namun saat ini dengan masih jarangnya micro sim, teman saya harus memotong dulu SIM besar menjadi ukuran mini sim. Supaya anda tidak mengalami hal yang sama, silahkan beli di konter dan minta tolong dipotongkan. Sebab saat memasang SIM teman saya mengalami sedikit hambatan. Tapi sekarang sudah teratasi dan SIM bisa dipakai.


2. Jaringan 3G

Poin ini dilewat saja, karena smartphone seharusnya sudah 3G. Andai sudah bisa 4 G pun, sinyal didaerah terpencil atau banyak gedung tetap akan sulit. Apa gunanya 4G kalau anda sedang berada dibasement yang dipagari tembok besar?. 

3. TFT, 4 Inchi 233 ppi.

Layar yang sangat baik, mampu menampilkan grafis dengan sangat indah. Asus mendukung video kualitas HD. Soal kerapatan, saya tidak menemukan adanya pixel yang terlihat. Note : bila ppi kecil, gambar pada smartphone akan pecah dan gambar terlihat terbentuk dari kumpulan titik-titik. Soal bentang layar, saya no comment karena itu tergantung anda, jika anda lebih berselera dengan 5 inchi silahkan pilih kakaknya Zenfone 5 dst.

4.Intel Atom Z2520 dual core 1,2 GHz

Hmm ini cukup membuat mata saya melotot. Harga hanya 1,3 juta (sudah plus back cover, kartu 8 GB) tapi Asus berani memberikan spesifikasi tinggi. Saya jempol deh Asus!. Performanya, saya sendiri kurang yakin kalau Asus bisa lelet. dengan intel dual core saya rasa tidak akan ada masalah dengan performa. Teman saya baru menguji dengan bermain Zuma, Zombie Defense, Traffic lite, Super K.O, RF11. 

5.1 GB RAM

Hmm ini juga membuat saya "ngiler". Ram sebesar ini akan membuat saya bebas menginstall apapun kedalam perangkat pintar ini. Pada harga yang sama, Samsung menjual Young dengan spesifikasi 215 Mb ram. Mengapa Asus begitu berani memberikan RAM hingga 1 GB?. Saya sendiri masih penasaran, tetapi setelah saya cek, memang benar kalau RAM-nya 1 GB. Jadi  hampir separuh dipakai sistem, separuh lagi bisa dipakai user.

6.Internal 4 Gb

Ini sudah standarnya, bahkan kalau bisa ditambah lagi, pasalnya sekarang kebutuhan serba mobile dan kita selalu menyimpan apapun didalam smartphone. Untuk mengatasi internal yang diberikan (2 GB) tentu anda bisa membeli eksternal memory sebagai tambahan. 

7.5 MP belakang, 0.3 depan (vga)

Taukah anda?. Seandainya dulu saya tahu kalau kamera Asus begitu bagus, saya mungkin akan menunda membeli smartphone lokal dan akan saya nantikan Asus meski harus puasa tidak pegang HP. Yah, saya akui pabrikan Asus memang berkualitas. Saya akan menampilkan hasilnya dibagian akhir dari ulasan ini. Tapi sekedar info, yang saya maksud disini adalah kamera belakang ya, bukan kamera depan.

8.1200 mAh li-ion

Baterainya standar saja, sama seperti advan s4a atau galaxy Young. Sudah pasti borosnya, maka lebih baik sekalian beli power bank. Ini akan berguna jika anda sedang bepergian jauh dan tidak sempat mencharge HP. Dalam paket penjualan, Asus memberikan 2 buah baterai (1 dipakai, 1 cadangan). Jadi tidak perlu khawatir bila nanti rusak. Soal kekuatan baterai silahkan lihat artikel : 11 tanya jawab soal advan s4a
Disana sudah ada sedikit penjelasan baterai yang mAh-nya 1200.

9. Antutu Benchmark.

Seperti biasa, tak lengkap rasanya bila mengulas robot hijau ini tanpa Antutu benchmark. Ok, nilainya cukup membuat saya kaget. Dengan segala kelebihannya, Asus dinilai sebesar 18.953. (hampir 19.000). Artinya bila disaingkan dengan advan s4a, nilainya adalah 2 kali lipatnya. Diatas Asus Zenfone 4 ternyata sudah bertengger kakaknya, Asus Zenfone 5. 

10.Charger

Saya baru melihat ada charger yang benar-benar presisi. Saat dipasangkan ke HP, charger sangat kuat mencengkram sehingga tidak mudah lepas. Tidak seperti hp yang pernah saya sebelumnya. Saya mencoba memasangkannya dengan advan, dan ternyata tetap masuk dan presisi.

11.Sesi foto

Ini dia maksud saya, kamera Asus sudah dilengkapi mode malam, auto fokus yang smart sekali. Untuk menangkap gambar hanya tinggal touch, maka kamera Asus akan bekerja mencari fokus dan menjepretnya untuk anda. Saya saja setelah melihat-lihat kualitas kamera ini jadi kepincut ingin beli. ^^. Ini dia hasilnya : 

Mug siang hari cahaya 0

Keterangan : 
seperti yang saya katakan diatas, Asus zenfon 4 memiliki fitur auto fokus yang membuat gambar mug tersebut menjadi sangat tajam. Detailnya , ukuran gambar asli 1440 x 2560 dengan mode foto 4 MP. Pixel dimension 10,5 Mp. Ini adalah keterangan saat saya olah diphotoshop. Saya zoom beberapa kali, sampai yang ke-6 barulah gambar mug diatas pecah.


luar ruangan, cahaya -1


Gambar sapu.
Penasaran, saya coba foto ujung-ujung sapu diluar rumah. Hasilnya menabjubkan, kali ini 7 x zoom dengan photoshop baru pecah. Itu pun masih dalam kualitas yang bisa diedit. Tak ada noise sama sekali.
Untuk foto malam, saya tidak mau berkomentar. Begitu juga kamera depannya yang hanya vga. 

Kesimpulan dari saya, kalau saya punya uang 1,3 sekarang. Mungkin saya akan beli smartphone ini. Saya rasa itu sangat berguna, terutama untuk urusan fotografi siang hari. Tapi sebelumnya saya akan mereview dulu hp yang lain. Karena perbandingan itu perlu. Sekian saja review singkat ini.

Baca juga : Trik cerdas pilih smartphone berkualitas

Post a Comment

0 Comments