Hati-hati beli SD Card banyak yang rusak

Hati-hati beli SD Card banyak yang rusak


Dua hari yang lalu, saya sempat dimintai pertolongan oleh kakak kelas saya yang bekerja satu perusahaan. Katanya, " Ri, kamu bisa benerin SD Card ga?. Tolong priksain dong, kayaknya rusak". Setelah saya cek,
baik dengan cara mencolokan kabel data langsung ke HP-nya atau pun dengan menggunakan Card reader, ternyata memang sudah tidak berfungsi. SD Card tersebut baru saja dibeli, belum ada seminggu dipakai dan sekarang sudah rusak. 

Sebenarnya ini pun sudah pernah terjadi kepada saya. Sewaktu membeli SD card, saya tidak ada yang aneh dengan SD cardnya. Namun ketika dipakai selama kurang lebih seminggu, ada beberapa kejanggalan yang membuat saya menyimpulkan kalau SD card tersebut rusak. Berikut adalah 3 ciri yang terjadi saat SD card rusak.

1. Error pada smartphone

Smartphone anda mungkin langsung error sesaat sesudah SD Card dipasang. Biasanya langsung berkedip beberapa kali atau bisa juga dengan tidak merespon ketika digeser. Untuk kasus ini, apabila SD Card dilepas ternyata kembali lancar berarti SD Card rusak. Perhatian, jangan tertipu penjual!. Terkadang mereka bilang kalau itu ada virusnya. Halo pak! sejak kapan android bisa terkena virus?. Catat! android itu adalah HP anti virus sama seperti java, handphone jadul yang tidak usah dipasang antivirus karena tidak mungkin diinfeksi virus.

2.MP3 tidak bisa diputar

Mungkin saja Smartphone anda handal. Masalah pertama tidak jadi masalah, semua berjalan normal seperti biasa. Namun ketika anda memutar MP3, beberapa lagu atau mungkin semuanya tidak bisa diputar. Ini juga menandakan kalau SD anda rusak. Perhatian, sebelum membawa pulang SD Card baru anda, silahkan langsung dicoba ditempat dengan memutar semua mp3. Jika ada beberapa yang tidak bisa rampung diputar, silahkan kembalikan saja.

3.Tidak bisa diisi lagu / diformat

Hal yang terakhir yang menjadi kesimpulan adalah dengan mencoba mengisi file kedalam SD Card. Saat membeli, dan diisi dengan mp3 atau file lainya dan ternyata tidak bisa. Itu juga rusak. Namun terkadang kerusakan terjadi setelah seminggu atau sebulan pemakaian. Bisa jadi karena memformat berkali-kali atau mengisi SD Card dengan file besar kemudian langsung didelete seolah itu adalah Flash disk. Itu juga bisa merusak SD Card. Saya pernah mencobanya, memasukan file sekitar 4 GB kedalam SD 8 GB dan begitu selesai langsung di Cut ke komputer. Waktu itu saya tidak bawa flashdisk, jadi hanya SD Card saja yang bisa diandalkan. Tebak apa yang terjadi setelah seminggu dipakai?. Anda sudah tahu jawabanya. 

Ketelitian memang diperlukan untuk memilih SD Card yang bagus. Pilih merek bermutu, langsung coba dan jangan mudah percaya penjual. Kerusakan terjadi karena perlakuan anda atau juga memang sudah rusak sedari awal. Semoga membantu


Post a Comment

6 Comments

  1. yang paling banyak dan pernah saya alami itu adalah point yang nomor satu, yaitu tidak bisa di smartphone.
    Memang bisa di hp biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas.. nomer satu itu paling sering. Apa lagi kalo hp pintarnya abal-abal..

      Delete
  2. Harus hati-hati banget nih yaa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. sayang beli mahal-mahal, begitu sampe rumah rusak. @-)

      Delete
  3. kalo saya biasanya pake penghapus mas :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.