Tuesday, 11 November 2014

Tidur anda tidak sehat? Mengapa?

Tidur anda tidak sehat? Mengapa?


Sehat adalah nikmat utama dalam hidup yang pastinya diinginkan oleh setiap manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat kita tentu harus melakukan aktivitas yang menyehatkan. Kegiatan yang menyehatkan bisa dimulai dengan minum air putih yang cukup setiap hari, berolahraga walaupun hanya 10 menit sehari, dan diakhiri dengan tidur yang baik. 
Apakah ketiga poin tersebut sudah anda laksanakan?. Jika belum silahkan anda pergi kedokter untuk memastikan anda sehat-sehat saja. Karena meskipun diluar kita terlihat sehat, bisa jadi saat itu kita sedang membawa penyakit jantung. Kalau tidak salah di Indonesia ini pernah ada artis yang meninggal dunia karena penyakit jantung, padahal dia main futsal dan berolahraga. Nah ini seharusnya menjadi perhatian kita untuk selalu menjaga kesehatan kita. 

Kembali ketopik, dari 3 poin tersebut salah satunya adalah tidur yang baik. Lalu bagaimana tidur yang baik itu?. Mari kita baca sambil praktik, andai tidak bisa praktik sekarang mungkin nanti saat selesai membaca artikel ini anda bisa mulai mencobanya.

1. Gosok gigi

Mengapa harus gosok gigi?. Didalam mulut kita setiap malam ada ribuan kuman yang siap menghancurkan email, membuatnya menjadi kuning bahkan sampai menjadi karang gigi yang lebih keras dari gigi itu sendiri. Bila anda tidak gosok gigi besar kemungkinan paginya anda akan bau mulut, setidaknya akan jauh lebih bau bila anda tidak gosok gigi kan?. Gosok gigi juga akan membuat anda nyaman setiap saat. Atau anda nyaman-nyaman saja meski tidak gosok gigi?


2.Pakaian longgar

Pakaian longgar akan membuat anda tidak gerah saat tidur. Anda tentu tahu, selama tertidur kita banyak mengeluarkan keringat karena gerah. Memilih pakaian yang longgar dan tipis namun menyerap keringat akan sangat membantu tidur kita lebih nyenyak. Bagaimana jika saya tinggal digunung?. Ya disesuaikan saja dengan tempat tinggal, kalau anda gemuk atau gemuk sekali mungkin pakaian tipis tidak membuat anda kedinginan. Berbeda dengan orang kurus yang akan lebih cepat kedinginan disuhu rendah, otomatis untuk orang seperti ini harus mengenakan pakaian yang sedikit tebal.

3.Berdoa

Anda punya agama kan?. Syukurlah, berarti poin ini juga bisa anda jalankan. Berdoa bukan hanya sekedar untuk membuat kita nyaman saat tidur, tetapi juga akan membuat anda bangun dengan sehat. Pernahkah anda mengalami sulit bangun (ketindihan)?. Itu semua bisa jadi karena anda tidak berdoa, memang secara ilmiah ketindihan hanya terjadi saat kita kelelahan akan tetapi paling tidak dengan berdoa resiko ketindihan ini bisa berkurang bahkan hilang. Berdoalah supaya besok pagi anda masih bisa membuka mata, tersenyum dan mengucap syukur pada Allah Sebab banyak orang yang malamnya tidak berdoa, lalu paginya ia tidak dapat membuka mata untuk selamanya.

4.Relaksasi

Relaksasi akan membantu anda untuk tertidur dengan cepat. Anda bisa berhitung mundur dari 100 hingga 1 dan bernafas dengan interval tertentu. Saat melakukan proses ini anda akan merasakan tubuh anda semakin rileks dan akhirnya mata anda terpejam. Perlu diketahui, meski anda tidur cukup (7 jam), belum tentu anda bangun dengan sehat. Faktor utamanya adalah santai, ketika kita tidak santai ternyata tubuh belum bisa mengeluarkan racun secara alami. Sumber : seminar kesehatan Bogor.

5.Cahaya dan suara

Cahaya yang terang akan masuk menembus mata dan direspon oleh otak kita. Sehingga kita sering temui orang barat tidur dengan lampu tidur atau bahkan mematikan lampu. Ini adalah penelitian, ketika anda menyalakan lampu anda seperti tidak tidur semalaman. Jadi sebaiknya matikan lampu, asal jangan semuanya ya?. Sebab terkadang kita harus menghadapi hal-hal tidak terduga seperti gempa. Anda bisa bayangkan ketika bangun tidur tetangga sekitar berteriak gempa! gempa! masih sempat anda mencari switch/sakelar untuk menyalakan lampu?. 

Suara yang pelan dan menenangkan seperti musik instrumental dengan ketukan yang pelan akan membuat kita relaks. Musik yang keras justru akan membuat otak kita aktif  dan membuat kita tidak relaks. Mungkin beberap orang bisa tidur karenanya, tapi itu hanya membuat tubuh anda tidur sedangkan otak anda tetap jalan-jalan. So, pilihlah musik yang baik. Saya sering mendengarkan endless love ost. drama korea yang membuat saya ngantuk meski saya tidak ngantuk.

6. Jangan minum kopi?

Benarkah?. Saya sering minum kopi dan tetap tidur pulas. Kopi memang akan meningkatkan detak jantung, tapi tidak dengan otak. Meski otak dialiri darah yang dipompa oleh jantung saat kita kelelahan tetap saja akan tertidur. Namun karena sugesti bahwa "minum kopi supaya tidak ngantuk" ini benar-benar masuk kebawah sadar, akhirnya setiap minum kopi jadi tidak ngantuk sungguhan. Ada ide?

Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda tidur dengan sehat.


Artikel Terkait

2 comments