Metode mengingat password ala jembatan keledai

Anda punya masalah dengan ingatan?. Silahkan baca artikel ini sampai habis dan anda akan menemukan cara mengingat yang biasa namun bila diterapkan hasilnya bisa luar biasa.

Saya sering sekali mendengar kata motivasi yang isinya mengatakan bahwa otak manusia itu lebih cerdas dari sebuah komputer. Pertanyaannya mengapa masih saja ada orang tidak pintar?. Mengapa pula hanya kaum tertentu yang bisa mengoptimalkan otaknya hingga disebut golongan jenius?.

Untuk pertanyaan pertama jawabannya adalah karena tidak semua orang mau menjadi pintar. Mereka berdalih "kalau tidak ada orang bodoh nanti tidak ada orang pintar". Sedangkan untuk pertanyaan kedua kaum tersebut menghargai otak mereka dengan cara mengasahnya setiap hari. 

Sebenarnya artikel ini saya tujukan untuk teman saya yang sering kali lupa password. Terakhir kali, ia mendaftar ke bank internasional dan baru seminggu langsung diblokir karena lupa password.  Karena keprihatinan saya kepadanya akhirnya saya buatkan artikel ini. Baiklah langsung saja.


Untuk menjelaskannya, saya akan mengulang kembali pelajaran Ibu guru SMK saya. Beliau mengatakan bahwa otak beliau terbatas dalam hal ingatan. Karena keterbatasannya itulah beliau memilih metode jembatan keledai. Apa itu metode jembatan keledai?
Metode ini adalah metode mengingat, menghafal, dan memainkan logika sehingga sesuatu yang sulit menjadi mudah.

Penerapannya misalnya begini, hukum pyhtagoras dengan metode jembatan keledai adalah " seLebar Tinggi tapi Miring". Saya menyingkatnya menjadi "Seleting". Yang artinya Lebar2 + Tinggi2=Miring2.

Anda pasti mengerti maksud saya kan?. Ini juga adalah salah satu contoh mengingat password angka dengan cepat ala jembatan keledai.

Metode mengingat password ala jembatan keledai

Dengan menggunakan pola kita tidak perlu mengingat angkanya, hanya hafalkan saja polanya. Mengapa menggunakan pola?. Itu karena manusia lebih mengingat gambar, cara atau gaya tertentu yang unik. Contohnya ya seperti diatas. 

Saya sering sekali menggunakan cara ini untuk mengingat password rekening. Lebih aman bila dibandingkan harus menggunakan nomer kombinasi tanggal lahir. Intinya dengan menggunakan bantuan metode keledai seperti ini akan membuat kita mengingat sesuatu secara permanen. 



Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.