Belajar bahasa Inggris tak harus lihat buku

Belajar bahasa Inggris tak harus lihat buku


Belajar memang tidak harus dengan cara yang sama. Belajar bisa dilakukan dengan cara-cara tertentu yang bisa membuat kita nyaman dan lebih cepat paham dengan apa yang sedang kita pelajari. Selama itu masih dalam koridor belajar, bahkan terjun kelapangan sambil berdagang sekalipun itu juga bisa dijadikan bahan pembelajaran. Tak terkecuali bahasa Inggris. Bukan tidak mungkin kita belajar bahasa Inggris sambil menjual sovenir dengan target wisatawan asing. Semua cara belajar diperbolehkan, yang tidak boleh adalah belajar dalam hal negatif.

Belakangan ini saya sedang giat-giatnya mempelajari bahasa Internasional ini. Saya pikir dengan bisa memperlajarinya, serta mengaplikasikannya pada kehidupan, mungkin ini akan menjadi jalan yang baik bagi saya untuk memperlajari ilmu lain yang berhubungan dengan bahasa Inggris.


Metode yang saya pakai hanya 2 saja. Hal ini dikarenakan saya tidak mungkin mengambil les privat dan atau les bahasa asing ditempat kursus tertentu. Saya bisa dan mampu, tapi tak ada waktu. Lagi pula, sehabis pulang kerja dengan otak yang lelah langsung pergi ketempat les dengan macet-macetan, pulang jam 9 malam, hmm mantap sekali ya perjuangan seperti itu?. Jujur saya tidak bisa, karena saya juga harus mengejar target yang lain. Jadi saya mencoba mempelajari bahasa Inggris dengan hanya 2 metode yang saya yakini InsyaAllah bisa membantu diri pribadi dan tentunya anda yang sedang membaca artikel ini.

1.Cuma nonton TV anak-anak

Metode macam apa ini?!. Saya sebut ini childish atau kembali "kekanak-kanak-an". Anak cenderung bisa mempelajari bahasa Ibu yang sebelumnya ia sama sekali tidak bisa berbicara. Pernahkah anda bertanya, anak saya kok bisa berbicara seperti saya ya?. Saya berbahasa jawa, eh anak saya juga. Saya berbahasa sunda, eh anak saya juga bisa bahasa sunda. Berarti logikanya, jika sejak kecil anak kita terus diberi nutrisi bahasa Inggris, kita bisa membuat anak kita berbahasa Inggris secepatnya. Bingow!!

Yah, masalahnya adalah, saya bukan lagi anak-anak!. Tapi setidaknya metode belajar anak-anak masih dapat kita perlajari. Semisal menonton TV dengan saluran anak-anak, ya tentunya yang berbahasa Inggris. Saya menemukan, belajar dengan melihat orang berbicara langsung itu lebih mudah dimengerti dibanding membaca. 

Saya yakin anda tidak akan pernah lupa acara yang anda saksikan 5 tahun yang lalu meski hanya sekali tonton. Sementara bila saya beri pelajaran matematika baru tadi siang, akan ada kemungkinan anda untuk lupa sama sekali. Ini semua adalah misteri otak kanan dan kiri. Intinya dengan sering menonton tv anak-anak, otak kita 10x lebih cepat menangkap dan mengingat sesuatu yang kita tonton.

2.Belajar grammar dari Youtube

Sulit sekali mempelajari tata bahasa yang benar, jangankan bahasa Inggris, bahasa Indonesia saja saya masih harus banyak belajar. Saking sulitnya, saya jadi kepikiran untuk menggunakan cara 1 untuk memenangkan cara kedua. Sama!, nonton youtube saja. Cari dengan kata kunci "how to learn grammar quickly", bret, langsung muncul puluhan video gratis yang bisa anda tonton setiap hari. Kalau perlu didownload juga bisa. Untuk mendownload video sari Youtube silahkan baca cara download video youtube via save from net dan waptrik

Semoga 1 tahun lagi kemampuan bahasa Inggris kita meningkat tajam. Amiin

Post a Comment

2 Comments

  1. Semoga semakin maju dan sukses untuk lembaga kursusnya, mari kita majukan bangsa ini dengan banyak melahirkan insan yang ahli berbahasa Inggris. Kami KAMPUNG INGGRIS PARE juga menawarkan hal serupa untuk menambah keahlian dalam Berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mm saya tidak punya lembaga kursus mas.. ngeles aja nggak. Tapi saya niat buat belajar. Jadi cara-cara yang diperbolehkan saya ikuti. Kalau kampung Inggris Pare mah saya tidak mau komentar hehe. Silakan datang kesana bawa diri dan uang. Selanjutnya pulang anda bisa bahasa Inggris. Asal ada 'niat'.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.