Friday, 21 November 2014

2 Kombinasi antivirus paling ampuh

2 Kombinasi antivirus paling ampuh


Virus bisa menyerang kapan saja, terutama jika kondisi komputer sedang tidak baik. Misalnya ketika anda terlalu banyak menginstall program dari situs terlarang atau saat anda mengindahkan peringatan dari browser. Namun tak perlu risau, karena hal tersebut dapat diatasi dengan memasang anti virus. Banyaknya antivirus memang akan menyulitkan pengguna untuk memilih yang mana yang terbaik. Namun anda tidak perlu harus pusing menentukan pilihan, karena pada intinya apapun antivirus yang dipakai, akan tetap memberikan pertahanan bagi komputer.
Disini saya mengulas dua antivirus yang sampai saat ini selalu saya pakai.

1. Avira.

Saya tidak pernah ragu dengan Avira, alasannya sederhana,

Menghapus virus dengan mudah

dahulu saya pernah melihat dengan mata kepala sendiri 2400 lebih virus dari komputer dihapus dengan mudahnya. Awalnya, saat teman saya mencolokan flashdisk ke komputer diwarnet terdeteksi satu virus, virus tersebut menggandakan diri terus-menerus hingga jumlahnya melebihi perkiraan saya. Saat itu juga Avira langsung beraksi dan menghabisi semua virus tersebut. Jujur, baru kali itu saya melihat virus dalam jumlah banyak dihapus dengan mudahnya.


Avira sangat bising!

Avira bagai seekor anjing yang selalu menjaga rumah, bila ada maling yang ingin mencuri, ia langsung menggonggong. Avira selalu memperingatkan kita akan keberadaan sebuah virus yang dapat mengancam kesehatan komputer kita. Dan ini memang akan sedikit mengganggu. Akan tetapi  untuk alasan keamanan, ini akan sangat membantu karena komputer anda selalu dimonitori. Jadi wajar kalau dia memeringatkan kita akan adanya penyusup atau sesuatu yang berbahaya.


Avira tidak toleransi!

Avira adalah satu-satunya anti virus yang sangat kejam terhadap virus. Pernah suatu ketika teman saya menscan file yang ditempeli virus, tak disangka file yang dianggap bervirus tersebut dihapus oleh avira. Biasanya avira akan mendetksi setiap file berekstensi (.exe ). Meskipun itu bukan virus, avira akan menganggapnya virus. File .exe bisa berupa software yang berbentuk portable atau key generator atau juga crack. Ibarat rumah yang digembok, bila gembok tersebut dibuka dengan sesuatu yang tidak semestinya, maka pembuka gembok tersebut dianggap palsu sehingga siempunya rumah akan mencurigai apa gerangan yang bisa membuka gembok tersebut. Kira-kira tergambar tidak ya? semoga saja..

2.Smadav

Smadav adalah antivirus buatan lokal yang cukup banyak penggemarnya. Apa alasannya?

Proteksi USB terbaik!

Diberanda Smadav, disana ada klaim bahwa Smadav adalah anti virus untuk proteksi USB terbaik. Ini bisa dibuktikan sendiri. Dengan adanya fitur smart-lock, file didalam folder smart-lock tersebut tidak terinfeksi virus. Selain itu smadav juga akan mendeteksi setiap virus yang menular melalui USB. Maklum, alat penyimpanan data yang satu ini memang sangat rentan terhadap virus sehingga memang harus diberi perhatian khusus. Inilah bentuk perhatian khusus tersebut dari Smadav, "Misi smadav adalah tidak ada lagi infeksi virus dari flasdisk". Semoga misi tersebut bisa terwujud dikemudian hari.

Sangat Fleksibel 

Kebanyakan antivirus tidak toleran terhadap antivirus lain, tapi tidak dengan Smadav!. Silahkan dicoba dipasangkan dengan antivirus lain, dijamin tidak akan bentrok. Ini karena Smadav adalah antivirus tambahan yang memang dikhususkan untuk USB. Selama ini Avira yang saya dampingkan dengan Smadav tidak pernah rewel ketika ada virus di USB, hal ini dikarenakan virus tersebut langsung ditangani oleh Smadav.

File kecil, Update sangat mudah

Ya, dikarenakan Smadav hanya mengkhususkan diri untuk melindungi USB maka tidak perlu space yang besar. Ukuran filenya saja bahkan tidak lebih besar dari ukuran Photo dengan resolusi 5 MP. Ukuran file tersebut juga tidak lebih besar dari MP3 yang anda download. Itu pun updatenya sangat mudah, dan dalam rentang waktu yang tidak terlalu sering. Sebenarnya ini juga merupakan kekurangannya, padahal dengan update berkala kita bisa mendapatkan list virus terbaru yang bisa dideteksi. Lagi-lagi anda tidak perlu khawatir karena ini hanya antivirus tambahan. Dipasang sunah, tidak dipasang makruh, semuanya tergantung anda.

Dengan kedua antivirus diatas, sampai detik ini saya belum menemukan satu virus pun menempel dilaptop saya. Jika pun ada, mereka berdua akan segera membabat habis virus tersebut. Saya sendiri memang belum pernah mencoba memasukan virus level atas, paling-paling hanya sekelas trojan atau sality saja. Harapan saya, semoga mereka berdua bisa bekerja sama melindungi laptop saya. Anda pasang juga ya..

Anda sedang mencari laptop? mungkin anda akan terbantu dengan melihat 5 saran memilih laptop

Artikel Terkait

1 comments so far