Widget yang wajib dan sunnah untuk blog

Widget yang wajib dan sunnah untuk blog



Setelah anda memposting dan mendesain blog, maka anda harus memperbaiki blog anda dengan memasang widget.  Fungsi dari widget ini adalah untuk memudahkan setiap orang yang  berkunjung. Jika kita memiliki minimal widget navigasi horizontal saja. Itu sudah menjadi point plus buat blog kita, yang dengannya setiap orang yang berkunjung dapat memilih kategori yang mereka inginkan.

Saya langsung saja, widget-widget yang sebaiknya dipasang adalah sebagai berikut.

1.Widget Navigasi Horizontal

Jika anda mengunjungi blog yang sudah ber Page rank atau pun yang sudah memiliki Alexa rank yang kecil maka dipastikan blog tersebut memasang widget horizontal.  Rata-rata blog professional juga memasang widget sederhana ini pada blog mereka. Namun pada variasinya ada juga widget yang vertikal, ini hanya pilihan saja. Yang jelas akan wajib dipasang.


2.Widget Search engine

Apabila sebuah blog sudah memiliki ratusan bahkan ribuan halaman, maka sebaiknya memasang widget pencarian. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan artikel yang mereka cari diblog anda. Tempatkan search engine pada tempat yang mudah dilihat orang. Misalnya diatas dekat navigasi horizontal. Search engine yang sulit dilihat atau tersemat akan menyulitkan pengunjung dalam menjelajah blog.

2.Widget Profil google plus

Widget ini menampilkan foto anda diblog dan ketika diklik maka akan muncul circle yang bisa diceklist oleh setiap orang yang memiliki google plus. Widget ini sederhana tetapi jika dipasang maka akan menambah daya tarik blog sehingga orang akan tahu siapa pemilik blog ini. 

3.Widget Followers.

Apabila orang yang memfollow blog kita sudah banyak maka akan membuat orang yakin bahwa blog tersebut memiliki kualitas karena difollow banyak orang.  Hanya saja kekuranganya adalah akan membuat blog jadi sedikit lamban jadi widget ini sunnah saja dipasang diblog hehe.

4.Widget Popular post.

Dengan memasang widget popular post maka setiap artikel yang laris manis dikunjungi orang akan tampil pada urutan teratas. Widget ini akan sangat memudahkan orang melihat artikel mana yang terbaik dari blog kita. Sehingga wajib hukumnya untuk dipasang diblog.

5.Widget Related articles

Widget ini sangat wajib hukumnya untuk dipasang diblog.  Ketika saya bernavigasi diportal berita disana banyak sekali widget artikel terkait yang dengannya saya bisa bernavigasi ke artikel yang masih satu tema dengan artikel yang kita baca sebelumnya.

6.Widget Daftar isi

Daftar isi akan memudahkan orang melihat isi dari sebuah blog, namun saya belum tahu apakah jika artikel kita mencapai ribuan maka blog kita akan lamban bila dipasang widget ini. Anda bisa membayangkan sebuah buku yang tidak memiliki daftar isi? Saya yakin orang yang ingin mencari bab dengan judul "A" akan kerepotan untuk membolak-balik halaman hanya untuk mencari satu buah halaman. Maka dengan pertimbangan itu saya pasang widget daftar isi. 

7.Widget Blog Archive


Wiget blog archive akan adalah sebuah widget kecill yang menampilkan semua post dari awal kita membuat blog hingga sampai saat ini. Berarti, widget ini akan memberikan pengujung sebuah navigasi kepada post terbaru milik kita. Widget ini sangat berguna dan wajib dipasang diblog.



Post a Comment

0 Comments