Mendesain Blog agar nyaman dibaca

Setelah memberi gambar pada blog serta mempublikasikan artinya kita siap untuk menerima tamu diblog kita. Seorang tamu akan betah berlama-lama di blog bila ada informasi yang baik didalamnya, namun sayang sungguh sayang, blog yang sulit dibaca malah akan membuat tamu kabur. Maka dari itu desain lah blog anda agar ramah pengunjung. Ini adalah beberapa tips untuk mendesain blog agar nyaman dibaca.

1. Pemilihan Huruf


Pemilihan huruf


Pernah anda menemukan buku yang teksnya tidak enak untuk dibaca? Pemilihan huruf sangat berpengaruh pada mood membaca seseorang. Silahkan gunakan huruf monotype atau gunakan courier new, maka anda akan menemukan kalau membaca teks yang menggunakan monotype akan lebih sulit dibanding courier new. Coba lagi dengan huruf comic sans maka anda akan dibuat kekanak-kanakan. Pemilihan huruf yang tepat untuk blog akan sangat berpengaruh pada situasi pembaca. Kalau blog tentang manga ya pilih comic sans, bila blog tentang kesehatan pilih arial saja. Bila blog horor pilih teks yang bloody maka blog anda akan terlihat seram.



2.Desain Background


Backgroun untuk teks baca sebaiknya tidak ditransparansi. Coba bandingkan dua buah teks berikut ini yang mana yang mudah dan nyaman dibaca. 

Contoh transparansi
Pada tulisan pertama kita dapat dengan jelas membacanya, pada tulisan kedua huruf bertabrakan dengan background (saling tumpang tindih) sehingga sulit dibaca.  Apabila ingin menggunakan transparansi silahkan gunakan untuk bagian headernya saja. Misalnya seperti ini :


Cara pengaturan transparansi

Pada header blog percobaan saya tersebut dapat dibaca jelas judulnya meskipun menggunakan transparansi. Bila ditransparasi maka bila backgrounya gelap pilih teks yang terand begitu pula sebaliknya bila backgrounnya terang pilih teksnya yang gelap.

3.Navigasi.


Buatlah menu navigasi yang baik, menu navigasi sangat berguna untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajah blog kita. Menu navigasi yang baik diantaranya : Menu navigasi sederhana seperti blog ini, bread crumb, artikel terkait, popular post, search engine, new post. Semuanya bertujuan agar pengunjung bisa tahu artikel kita yang lain.


Menu navigasi sederhana le


4.Pemilihan warna


Banyak blog dengan desain wah, namun warnanya polkadot ping pong. Pemilihan warna sangat menentukan mood seseorang. Kunjungi blog yang dominan warna hitam dan anda merasa tersekap lalu kunjungi blog dengan warna dominan kuning maka anda akan terganggu dengan silaunya warna kuning. Kunjungi lagi blog yang minim warna maka anda merasakan kegaringan. Untuk pemilihan warna silahkan ikuti konsep mejikuhibiniu. Kalau blog saya navigasinya ungu maka warna terdekat ya biru, saya tidak akan memakai warna hitam sebagai header karena tidak cocok. Kalau berupa gradasi hijau maka warna terdekat saya bisa pilih kuning atau putih saja.  Silahkan kunjungi blog-blog berdesain bintang 5 seperti blognya kang ismet  untuk mengetahui seberapa baik blog beliau soal design.



Post a Comment

2 Comments

  1. Nice post Mas. Tapi btw belum ada artikel terkaitnya ya. Trims

    ReplyDelete
  2. Hmm belum nih.. nanti saya adain. Lagi nyari yang bagus mas..

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.