5 Tips bangun bagi dengan mudah

Aplikasi i can't wake up



Bangun pagi adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun tidak bagi sebagian yang lain. Dalam buku Anthony Robin dikatakan "seharusnya bangun pagi bisa dilakukan dengan penuh energi", namun terkadang banyak orang yang kehabisan energi sehingga sulit untuk bangun pagi. Kalau anda termasuk salah satunya maka cobalah beberapa tips sederhana dibawah ini agar kita bisa bangun pagi dengan mudah.

1. Tidur lebih awal


Kebanyakan orang ingin sekali bangun pagi, namun tidak bisa tidur lebih awal. Yang menjadi masalah adalah bagaimana mungkin bangun pagi kalau tidur saja jam 3 pagi?. Diriwayatkan bahwasanya Bilal dan juga Rasul  SAW pernah ketiduran hingga terlambat sholat subuh. Ini dikarenakan Bilal yang sewaktu berjaga dan berjanji akan membangunkan orang, tertidur karena kelelahan.

Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab lelah adalah begadang. Oleh karena itu cara terbaik agar bisa bangun pagi adalah dengan tidak begadang. Namun tidak  untuk orang-orang yang ingin sukses, "Tidur anda tidak lebih dari 3-4 jam sehari." Ini adalah kisah pendiri windows yang dalam seminggu hanya tidur 2 jam sehari.



2.Niatkan bangun pagi


Terkadang meski kita sudah tidur lebih awal kita tetap saja mata enggan terbuka, yang menurut saya adalah karena kurangnya niat. Niat yang saya maksud disini misalnya : Anda pernah kan bangun pagi saat akan pergi tamasya? Bahkan tidak perlu nunggu alarm juga sudah bangun dan mandi pagi lagi. Dan pernah juga kan anda bangun telat karena malas bekerja?. Dengar alarm, lihat handphone "ah masih jam 5 bentar lagi yaa".hehe. Yang menentukan disini adalah niat, niat yang berbeda bisa membuat orang lebih cepat bangun atau juga lebih lambat. Maka cara terbaiknya adalah dengan merubah niat kita.

3. Pasang Alarm 


Bunyi yang keras


Memasang alarm adalah hal yang baik namun kebanyakan orang akan kesal jika alarm berbunyi keras, yang ada malah mematikan alarm dan cepat-cepat memeluk bantal guling. Ada sedikit pelajaran yang saya ambil dari Mr.Rommy, "Apabila kita berkata dengan suara yang lembut dan berulang-ulang maka suara tersebut akan masuk kebawah sadar". Coba praktikan kalau tidak percaya, rubah setelan alarm kemode pelan dijamin tidur lelap hehe.

Ini serius! Karena hal ini pernah saya uji coba pada teman mes saya yang pada waktu itu mereka menyalakan alarm dengan lagu rock, namun tak ada satupun yang bangun. Padahal volumenya tak tanggung-tanggung. Sedangkan pada saat teman saya tidur lalu saya coba berbicara pelan-pelan herannya justru langsung bangun. Kalimat yang saya ucapkan kurang lebih seperti ini :

"Di, lu naruh kunci kamar dimana sih? Hilang ni, Kamarnya ga bisa dibuka" Sambil membuka pintu yang terkunci. Seketika itu teman saya yang tidur pulas langsung terperanjat dan mencari kunci yang saya pegang hehe.

Bunyi yang membangunkan anda


Perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang bisa bangun bila disetel musik jazz, dan tidak semua orang bangun bila disetel rock. Maka coba pilihlah bunyi alarm yang biasanya membangunkan anda. Misalnya bunyi alarm untuk membangunkan saya adalah percikan air dan suara percakapan orang. Begitu mendengar suara itu maka saya langsung bangun bahkan dengan kondisi selelah apapun.

4.Coba aplikasi i can't wake up


Aplikasi ini sudah lama beredar dimasyarakat namun belum banyak yang memakainya. Keunikan aplikasi ini adalah tidak bisa dimatikan bila sudah aktif, kita dituntut untuk memainkan permainan konyol yang memaksa kita untuk beranjak dari tempat tidur.

Misalnya saat kita bangun kita diharuskan mencari barcode untuk discan, kita juga diharuskan men-shake hp berulang-ulang. Konyol sekali kan? dan yang paling parah adalah disuruh menghitung matematika hmm kebayang kan? harus siap pulpen harus siap kertas dan harus mengkotret soal penjumlahan dan perkalian. wkwkwk. Nah ini adalah salah satu keunggulan aplikasi ini. Anda tertarik?



Post a Comment

0 Comments