Memasang menu navigasi paling simple

Apa bedanya widget dengan menu navigasi?. Menu navigasi adalah widget, sementara widget belum tentu berupa menu navigasi. Nah kalau pada artikel sebelumnya saya memasang widget, maka disini saya hanya ingin share cara memasang menu navigasi yang tidak keren tapi enak dilihat. Karena saya belum menguasai HTML secara menyeluruh maka hanya menu sederhana yang saya sajikan.

Menu Navigasi Horizontal

Menu Navigasi horizontal lebih digambarkan sebagai kotak-kotak berisi tulisan yang bila diklik maka akan menuju suatu halaman tertentu. Hampir semua website yang pernah saya kunjungi, selalu memasang widget ini di web mereka. Untuk cara memasangnya silahkan dicoba





1.Copy code diatas.
2.Pergi ke dashboard>Tata Letak>Tambahkan gadget>Pilih HTML/Java script
3.Pastekan kode tersebut dikolom yang tersedia.



Pengeditan kode :

<li><a href='http://everythinglearning.blogspot.com/search/label/android'title="Android">Android</a></li>
  1. Bagian berwarna biru adalah  link url anda, misalnya saya masuk kel label android pada blog saya. Lalu saya copy linknya dan memasangkannya pada kode diatas sesudah dan sebelum tanda kutip satu. 
  2. Bagian berwarna orange adalah titlenya, saat krusor menunjuk link maka akan ada bacaan yang muncul. Kalau pada contoh link diatas yang muncul adalah kata "Android"
  3. Bacaan yang ditampilkan adalah yang berwarna merah.
  4. Simpan jika sudah selesai mengedit.
Hasilnya bisa anda lihat sendiri pada navigasi blog ini.

Pengeditan warna :

Untuk Pengeditan warna silahkan pergi ke dashboard>Template>Sesuaikan>Tingkat lanjut>Latar tabs/Teks tab.
  • Warna teks usahakan sama. Warna teks yang dipilih dan warna teks sebaiknya sama.
  • Warna latar adalah warna dasar menu navigasi, warna yang dipilih adalah warna saat link ditunjuk krusor. Saran : Pilih warna yang berdekatan. Misalnya Orange tua dengan orange muda.


Pada awalnya memasang satu buah menu navigasi yang paling sederhana saja sangat sulit. Saya pernah belajar ke teman juga namun ternyata dia juga kurang paham caranya. Akhirnya saya coba-coba terus sampai berhasil memasang menu navigasi pertama milik saya. Karena kepusingan tersebut akhirnya saya berniat juga membuat tutorial ini.

This article is just for me, but if in the future it will be useful to others i say thank you Allah.


Post a Comment

0 Comments