Langkah kilat memasang widget diblog

Setelah kita mendesain blog agar enak dilihat dan dibaca maka selanjutnya adalah memasang widget. Saya tidak bisa menjelaskan apa itu widget dari bahasa kebloggeran, namun paling tidak saya akan memberikan sedikit gambaran dari sudut pandang android. Jadi diandroid pun sebenarnya ada istilah widget, di windows juga ada dan mungkin di Linux juga ada. 

Menurut saya widget itu adalah menu interaktif yang bisa diakses kapan pun. Misalnya kalau diandroid disediakan widget BBM, maka dengan memasangnya di layar utama kita bisa mengakses BBM tanpa harus menjalankan aplikasi BBM. Atau pada windows terdapat widget kalender yang bisa dibolak-balik serta bisa ditandai layaknya kalender sungguhan.

Bedanya kalau pada blog, semua widget tadi dibentuk oleh code yang bisa dipasang secara manual dengan coding atau bisa juga memilih yang sudah tersedia, sedangkan pada android semua widget sudah tersedia dan tinggal dipilih saja. 

Kesimpulannya widget itu adalah menu interaktif yang terdiri dari code tertentu yang bisa diakses kapan saja. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya pada mbah google, dan pakar-pakar blogger seperti pada  sahabat blogger 77 milik Devi Indriani.


Untuk memasang widget diblog silahkan ikuti cara ini :

1. Silahkan  ke dash board blog anda lalu klik tata letak.

Tampilan widget pada tata letak blog


2. "Semua kotak-kotak tersebut adalah widget". Klik tambahkan gadget. Lalu pilih gadget yang akan anda tampilkan diblog.


Pilih widget


3.Setelah itu klik lihat blog untuk melihat apakah sudah tampil atau belum.

Widget yang sudah tampil di blog


Widget yang dipasang sudah tampil. Widget yang saya pilih adalah google badge bukan widget feed. Makanya yang tampil adalah google badge. Sekian langkah kilat memasang widget diblog, untuk selanjutnya nanti akan saya berikan tips widget yang wajib dan sunnah dipasang diblog.



Post a Comment

0 Comments