Cara sederhana cek kesehatan

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan hasil mengikuti seminar.
Memeriksa kesehatan usus bisa dilakukan setiap pagi, tidak perlu harus ke dokter. Hanya perlu kurang dari 1 menit untuk mengetahui kualitas kesehatan usus anda. Bagaimana caranya, berikut saya jabarkan.


Cara sederhana cek kesehatan 1


1. Feses sebesar pisang


Mungkin ini agak jorok karena anda harus melihat sendiri feses yang anda keluarkan. Nah bila besarnya feses hanya seperti kerikil atau tidak terbentuk maka ada masalah dengan pencernaan anda.



Cara sederhana cek kesehatan


2.Feses lunak


Dulu saya pernah memposting artikel tentang penyakit BAB berdarah. Yang salah satunya karena usus terluka akibat feses yang keras. Cara mengeceknya anda tidak perlu harus menyentuh dan memegang feses. Hehehe tapi cukup dirasakan saat BAB feses yang lunak bisa dipotong, sedangkan feses yang keras sulit dipotong.

Cara sederhana cek kesehatan 3


3.Feses mengambang


Feses yang mengambang berarti kadar airnya sudah hilang atau sedikit karena sudah diserap usus. Maka feses yang tenggelam adalah tanda bahwa pencernaan anda bermasalah. Biasanya bila feses yang lengket cenderung tenggelam. Sedangkan feses yang tidak lengket akan mengambang dipermukaan. 


Cara sederhana cek kesehatan 4


4.Feses tidak bau


Anda sering kentut? Dan apakah bau sekali?. Kalau ternyata bau sekali berarti perut anda sedang memproduksi gas. Biasanya kalau anda makan-makanan seperti bawang, kembang kol dan lain sebagainya maka perut akan begah. Feses yang bau bisa dikarenakan oleh makanan bisa juga karena anda sudah tidak BAB selama beberapa hari. Feses yang bau menandakan kalau pencernaan anda bermasalah.


Nah dengan demikian anda sudah bisa mengetahui apakah usus anda sehat atau tidak secara gratis. Agar pencernaan anda selalu sehat saya sarankan anda untuk selalu mengkosumsi yoghurt. Yaitu susu yang difermentasikan, produk yoghurt sudah sangat banyak dan dapat kita temukan dimana-mana. Seperti merk yoghurt yang terkenal yakult dan sebagainya. Jangan sampai karena sayang uang anda harus mengalami cuci perut dengan obat pencahar yang dapat merusak flora diusus.

Lihat juga Awas Bab berdarah



Post a Comment

0 Comments