Saturday, 4 October 2014

Cara pengetikan huruf arabic pada ms.word

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel yang berjudul Cara mengetik arab di Windows. Pada dasarnya kita tidak perlu menginstall font Arabic agar bisa mengetik huruf arab sambung. Namun agar lebih memudahkan maka key yang kita kenal qwerty dibuat menjadi semacam short-cut. Untuk lebih jelasnya mari praktikan.


klik insert symbol


Pada gambar diatas, shortcut untuk huruf ro adalah 0631, alt + x disini anda bisa saja merubahnya menjadi misalnya ALT + R. Namun huruf sebanyak itu apa mau dijadikan alternatif semua? Maka untuk itu dibuatlah keyboard yang khusus untuk mengetik arabic.



Kita akan membuat kata “Ar-rahman” dengan menu>Insert>Symbol>Arabic type.

Pertama insert huruf alif, ا

Kemudian insert lagi huruf lam, ال

Selanjutnya ro, الر

Setelah itu ha kecil.  الرحم

Insert lagi min  dan terakhir nun  الرحمن

Hal yang perlu diperhatikan adalah penempatan spasi, misalnya apabila kita menspasi ditengah-tengah huruf ha dan mim maka yang terjadi adalah seperti ini الر ح من 

Berlatihlah mengetik kalimat-kalimat yang mudah seperti kata-kata  يوم   دين  الملك
  
Silahkan berlatih sehingga anda terbiasa mengetik dalam bahasa arab. Nah cara diatas agaknya sedikit repot dikarenakan harus meng-insert huruf arab satu persatu.  Untuk itulah dibuatkan font Arabic yang sebenarnya menurut saya hanyalah penempatan shortcut agar lebih mudah untuk diketikan. Dan selanjutnya kata "Ar-rahman" tersebut akan kita beri harokat. Dengan cara menginsertkan harokat pada tiap huruf lebih jelasnya lihat gambar.


Pemberian harkat pada font arabic


Pada gambar diatas saya menginsertkan fatah tepat setelah huruf alif sehingga huruf fatah menjadi diatas huruf alif. Begitu seterusnya bila anda menginsert dhomah didepan huruf ba misalnya, maka secara otomatis dhomah akan berada diatas ba. Kecuali : Saya memberikan pengecualian untuk harokat kasroh yang apabila kita menginsert kan Alif,Tasdid, dan Kasroh. Yang terjadi adalah kasroh tidak mucul dibawah huruf melainkan dibawah tasdid.

Selain fatah rubahlah semua shortcut harokat yang ada dengan Pilihan anda. Saya memakai standar saya yaitu Alt+A untuk fatah, ALT+I untuk kashroh dan Alt+U untuk domah.

Selanjutnya sukun dan lain-lain silahkan tentukan sendiri. Berikut saya praktikan untuk kata "Ar-rahman"

1. Tekan a, kemudian alt+A sehingga hasilnya seperti :   اَ 
2. Tekan l, hasilnya : اَل
3. Tekan r, dan atl + d (alternatif untuk siddah), hasilnya : اَلرَّ
4.Tekan alt + a, kemudian ha kecil. Hasilnya  اَلرَح

5.Tekan alt+s (alternatif untuk sukun), kemudian M dan hasilnya :  اَلرَّحْم
6.Hampir seleasi. Tekan alt+7 (shortcut untuk fatah berdiri), kemudian nun diikuti dhomah jadinya

اَلرَّحْمٰنُ
Kalau belum terbiasa menulis bahasa arab mungkin akan sedikit kagok, maka berlatihlah. Saya berharap dapat membantu bila anda mengalami kesulitan.



Artikel Terkait

1 comments so far