Tips sederhana merapihkan file

File dikomputer berantakan? Saya punya solusi jitu untuk anda yang suka menaruh dan menamai file asal-asalan. Namun sebelumnya saya akan sedikit mengkritik beberapa orang dibawah ini :


1.Orang tipe pendiam

Orang bertipe pendiam biasanya juga ogah-ogahan merapihkan file. Sebenarnya bukan tidak mau tetapi sering kali orang bertipe ini menamai file dengan ala kadarnya, sehingga saat dicari dimesin pencari tidak akan ketemu. 

2.Orang tipe Bercanda

Orang yang suka bercanda dan periang biasanya sering lupa menaruh barang. Terkadang akan hal-hal yang penting saja orang ini lupa sama sekali, saya sering menemukan orang bertipe ini yang kehilangan dompet dan diketemukan orang lain. Orang tipe ini biasanya bolak-balik nyari sesuatu padahal ada ditas atau ditempat yang mudah ditemukan. 

3.Orang tipe Tegas

Orang bertipe tegas dan ngeyel ini ditempatkan nomer tiga karena orang ini punya prinsip dalam segala hal. Termasuk dalam menaruh barang biasanya orang ini memiliki prioritas tertentu dan bisa memilah milih mana yang lebih penting untuk ditempatkan disini atau disana.

4.Orang tipe Rapih

Lho? rapih tapi mengapa tetap dikritik? Orang tipe ini tetap saya kritik karena saya sendiri orang yang suka rapih-rapih namun hanya ketika mood rapih-rapihnya naik. Saat sedang malas yaa file yang berserakan biarlah saja hehe. 

Baiklah sekarang bagaimana dengan file dikomputer yang sering kali terlihat berantakan?
solusinya hanya satu, rapihkan!
Caranya? Cara sederhananya adalah miliki standarisasi dalam penyimpanan file.

Misalnya standar saya adalah seperti ini : 
  1. File dibuat klasifikasi : Klasifikasi berdasarkan hal yang paling umum, biasanya berupa Hiburan, Pekerjaan, dan sebagainya
  2. Buat sub-Klasifikasi : Didalam folder hiburan, tentunya bisa ada "Video, MP3, Game, Foto" dan sebagainya.
  3. Buat minor sub-klasifikasi : "entah ada atau tidak minor sub klasifikasi itu yang penting dibuat saja" misalnya untuk folder MP3 anda bisa mengklasifikasikan lagi MP3 Ceramah, Lagu, Motivasi, dan sebagainya.
  4. File : Nama file seharusnya dinamai dengan benar. Standarkan nama suatu file misalnya pada folder MP3, semua file dinamai dengan class nama artis - judul lagu.

Sederhana tapi sulit dilakukan, agar merapihkan menjadi ringan lakukan hal ini setiap saat membuat file baru, menyimpan file baru, dan menamai file baru. Dengan cara ini file anda bisa rapih, satu lagi. Mengganti icon folder juga merupakan cara yang baik. Gambar lebih mudah diingat dari pada kata-kata, kecuali kata-kata tersebut memiliki emosi.

Lihat gambar dibawah, File saya rapih to? hehe 

Contoh merapihkan file

File mp3 yang rapih

File mp3 dengan penamaan standarisasi


Post a Comment

0 Comments