Tuesday, 11 March 2014

Hemat Kuota Opera Mini browser.

opera mini logo

Opera Mini pasti  sudah tak asing lagi ditelinga anda, namun apakah anda sudah tau beberapa fitur opera mini dan apa saja kegunaannya? Kalau belum, berikut ini saya ulas  beberapa fitur yang dimiliki browser mini ini. Saya yakin browser ini selalu ada di gadget-gadget anda, tapi beberapa fitur dalam browser ini sering tidak digunakan. Untuk itu cobalah menggunakan beberapa fitur yang saya ulas berikut ini.

1.Speed Dial


Speed dial adalah “short cut” untuk menuju suatu situs dengan menggunakan gambar icon.  Anda bebas memanage speed dial ini, sehingga sangat mudah menuju suatu situs tanpa harus mengetik lagi. Tinggal tambah button link yang anda inginkan misalnya www.facebook.com maka pada speed dial akan langsung muncul button yang menuju situs tersebut.

2. My News


My News atau dalam bahasa Indonesia berarti beritaku, adalah suatu berita baru yang akan diupdate secara langsung ketika anda membuka opera mini. Jika anda sebelumnya pernah berkunjung ke situs A dan anda exit dari situs tersebut. Opera mini akan menampilkan update dari situs tersebut yang akan muncul dalam berita singkat yang ada si tampilan awal opera mini. Saya sendiri cukup senang dengan fitur ini karena saat kita butuh informasi A maka saat kita membuka opera mini, ia akan langsung menampilkan informasi yang ada hubungannya dengan info tersebut.

3.Potal Opera Mini


Portal Opera Mini berisi  beberapa speed dial juga, akan tetapi speed dial ini terhubung dengan Opera itu sendiri. Misalnya speed dial Mobile store, Sport, Community, dan  Portal Opera. Biasanya portal Opera Mini ini berisi berita-berita terbaru yang disediakan oleh opera mini. Kalau fitur yang ini saya rasa kurang begitu berguna. Jadi saya sendiri jarang menggunakannya.

4.Suggested LINK


Opera mini juga menyediakan 7 Link dengan berdaasarkan katergori  yaitu : News, Finance, Travel, Sport, Music, Movies, Community. Link – Link ini akan terhubung dengan beberapa situs besar yang menyediakan informasi seputar berita, olahraga, music dan sebagainya. Biasanya kita bingung mau browsing berita dari situs apa dan situs berita olahraga dari mana. Disini kita akan menemuka semuanya.  Situs-situs yang sudah terkenal disediakan si fitur ini.

5.Saved Page


Ini adalah fitur yang disediakan bagi anda yang sibuk dan tidak sempat membaca situs secara langsung. Sebuah fitur read offline yang akan sangat berguna untuk menghemat waktu dan juga kuota tentunya hehe. Lumayan kan dari pada harus online lagi dan membuka page yang tadi sudah dibuka? Kita bisa simpan page tadi dan kalau mau dibaca lagi tinggal buka.

6.Kompresi Data


Opera Mini Menyediakan fitur kompresii data yang sangat berguna untuk menghemat pemakaian pulsa sekaligus mempercepat akses kesuatu website.  Jadi data yang akan kit abaca pada suatu page nantinya adalah data kompres-an yang ukurannya sudah diperkecil sehingga terasa ringan dan cepat. Pada pemakaian ORIGINAL : saya tertulis 7.8 MB dan berhasil dikompresi menjadi 685 kB ini berarti data dikompres sebesar 92 %. Hemat sekali ya?
Mengapa browser ini saya bilang kecil? Karena ukuran filenya kecli tidak sampai 1 Mb. Ini sangat kecil dibandingkan dengan browser mozila fire fox yang bisa mencapai 29 Mb.
Kekurangan dari opera mini adalah tampilan halaman yang kadang – kadang berubah, dan masih belum bisa membaca text Arabic secara penuh.


Artikel Terkait