Blog satu atau dua? Fokus atau Difuse?

Blog satu atau dua? Fokus atau Difuse


Dalam dunia blog, kita mengenal istilah niche yang saya tafsirkan sebagai tema.  Dalam dunia blog kita juga mengenal cara blogging yang fokus pada satu saja dan bila sukses baru coba yang lain atau buat yang banyak lalu jalankan semuanya, jika salah satu dibanned kita masih punya cadangan yang lain.

Saya memang seorang newbie, dan akan tetap menjadi newbie selamanya. Saya akan menjadi master bila saya sudah menguasai google hmm mimpi kali ya?.  Tidak, semoga saja paling tidak bisa seperti mbak-mbak dan mas-mas atau kang-kang yang sudah sukses dalam dunia blogging. Kalau masih tidak bisa juga?. Jalan terus yang penting ada tujuan, mau sampai atau tidak terserah Allah karena kita sudah berusaha selanjutnya Allah yang melihat dan menentukan apakah kita layak untuk diberi kesuksesan?.

Saya sering berkunjung ke blog orang lain yang membahas tentang topik ini, diantara mereka ternyata cara sukses itu bermacam-macam dan tidak bisa sama persis. Ada yang menyarankan buat banyak blog, ada juga yang menyarankan satu saja. Lalu yang mana yang terbaik?. Saya tidak mau membandingkannya dikarenakan keduanya tetap baik kalau sudah sukses, apalagi kalau tiap bulan lembaran kertas hijau dikirim untuk kita . Ya tentunya bukan kertas hijau biasa, melainkan uang yang pastinya dibutuhkan setiap orang.

1.Skill menulis

Jika menulis adalah kegemaran anda dan anda bisa membuat puluhan artikel dalam sehari, membuat banyak blog adalah pilihan terbaik. Misalnya kita bisa membuat 100 artikel hanya dalam sehari, maka buat saja 10 blog dan isi blog tersebut setiap harinya dengan 10 artikel yang fresh. Dengan demikian anda akan aman dari banned. Bila salah satu blog dibanned karena kesalahan, masih ada sembilan lagi dan anda masih bisa membuat blog baru. Kalau anda sanggup anda bisa mengikuti jejak orang yang menganut cara ini, salah satunya adalah Mbak Indri Lidiawati boss Juragan cipir. 


2.Skill khusus

Bila kita tidak mampu menulis banyak artikel dalam satu hari namun memiliki artikel tajam dan aktual, fokus disatu blog mungkin lebih baik. Alasannya hanya karena mungkin artikelnya sangat menginspirasi orang lain dan hanya bisa dibuat dengan waktu yang tidak sedikit. Prinsipnya adalah satu artikel sangat berkualitas lebih baik dari 10 artikel sampah. Iya kan?. Lagi pula siapa yang mau membaca artikel sampah?. Maaf bahasa saya cukup kasar.. he sebab artikel di blog ini pun tadinya sampah semua namun setiap hari saya daur ulang dan diolah kembali sehingga menjadi artikel yang dibutuhkan. Saya tidak tahu siapa penganut sistem ini, namun sepertinya Devi Indriyani dari Sahabat blogger77 adalah salah satunya. Atau kalau tidak salah Ricky Pratama di trik mudah seo yang artikelnya 100% mantab itu juga menganut sistem ini. 

Kesimpulan, apapun sistem blog namun kita tidak pernah action maka hasilnya nol besar. Lebih baik berjalan tanpa sistem dari pada diam saja menunggu pengunjung datang. Namun jelas lebih baik lagi bila kita memiliki sistem dan kita jalankan 100%. 

Ayoo menulis..

Post a Comment

5 Comments

  1. fokus dulu di satu blog ,,, klo sdh bsa fokus dn menuai hasil, bru buka cabang lg ,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok.. tapi kalau dibanned huaaaaa.. T.T, tak apalah nanti jadi pengalaman berharga. Sip mas PERTAMAX!

      Delete
    2. Yah pertamax udah disruput bang Fiu S...

      Delete
  2. Betul gan, saya punya lebih dari satu blog, hasilnya...??? kalang kabut, apalagi kalo lg sibuk, yang ada blog2nya malah gak keurus. Akhirnya saya konsen di dua blog saja...
    Sisanya saya hapus semua... :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup tepat sekali, saya cuma punya 4 blog, paling aktif yang ini. Yang lainya dianak tirikan.. tapi yang baru saya besarkan akan saya beri artikel setiap hari. Jaga-jaga kalau yang ini dibanned.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.