Sudah hampir sewindu nggak ngeblog, apakabar blogku?

Gambar digital by Ary setyobudi


Alhamdulilah, setelah perjalanan panjang yang saya lalui saya bisa kembali memulai aktivitas blogging saya yang sempat terbengkalai. 

Dan sempat kaget banget, ternyata blog saya masih sehat wal Afiat. Meskipun domainnya sudah gak TLD lagi, dan tampilannya saya rombak lagi pake template gratisan dari Sora template, tapi tetap mengembalikan mood menulis saya yang sudah redup.

Banyak hal yang telah saya lalui bersama blog ini. Ini adalah blog pertama saya  dan saya merasa.. punya banyak kenangan dengannya. Sempat kehilangan akun Gmail karena ganti HP berkali-kali, tapi syukurlah bisa dipulihkan walaupun tanpa ada nomor HP.


Blog ini saya bangun jatuh bangun kaya lagu Meggy Z, dengan usaha sendiri dibantu dengan Mbah Google dan rekan sesama blogger yang saling support.

Awalnya cuma iseng, baca artikel di Internet gimana sih caranya dapet uang dari internet?. Lalu disitu ada yang mengatakan kalau uang bisa dicari dengan cara blogging.

Menulis artikel.. 

Sesuatu yang bagi saya, itu benar-benar baru.

Mungkin udah ada 100 lebih template blogger yang saya bongkar pasang ke blog ini. Dan blog ini juga bukanlah blog profesional yang nge-niche dan high traffic. Semua isi nya gado-gado. Karena memang untuk mencari ide menulis itu sulit makanya apa yang ada di kepala semua saya tulis saja. 


Rupaya, tulisan saya tentang kesehatan, dan sholawat banyak yang lirik. Maka dari itu saya rajin-rajin post seputar topik tersebut. Dan nggak nyangka sampe tembus 3000 views sehari.  

Untuk pemula, pada tahun 2014-2015, ngeblog dengan views tersebut sudah cukup untuk menghasilkan cuan. Akhirnya daftarlah saya ke AdSense. Singkat cerita berhasil, dan saya mendapatkan uang sebesar 1.3 Jt an dari Google.


Yah.. permulaan yang bagus. Tapi itu tidak bertahan lama karena domain arydoweh.com itu saya rasa nama yang kurang menarik. Dan karena saya sudah kehabisan ide nulis ditambah banyaknya tekanan dipekerjakan, akhirnya blog ini saya tinggalkan.


Canda Ding, ini saya akhirnya bisa comeback di dunia perbloggeran.


Kali ini ceritanya lain.


Saya sudah menikah dengan seorang wanita pilihan Allah. Dan mendapat berbagai nikmat yang ga bakalan kehitung.


Setelah hampir sewindu, ternyata blog ini masih ada yang nengokin. Meski traffic nya low banget. Haha. 


Sekarang saya sendiri sudah punya blog baru dengan konsep online printing service. Namanya Printagraph.id

Sebuah usaha yang saya rintis bareng pujaan hati. Alhamdulillah meski AdSense ga jalan, eh ada jalan lain. 


Harapan saya semoga blog ini bisa menyokong traffic blog baru saya itu dan bisa memancing lebih banyak customer.


Sebetulnya sudah ada marketplace yang ga perlu mikirin traffic ya.. tapi karena lebih banyak yang datang offline jadinya akan lebih baik kalau punya blog sendiri buat pajang produk biar lebih profesional gitu.


Pokoknya sesuai dengan nama blog ini yang caduk alias campur aduk. Everything Is Learning, jadi ga ada salahnya mencoba sesuatu yang baru untuk menambah pengalaman. Semoga blog ini juga dapat bermanfaat bagi sesama manusia dan mahkluk se alam semesta.


Post a Comment

0 Comments