Panduan lengkap main COC



Untuk mengisi waktu luang saya mau kasih panduan lengkap clash of clan. Panduan ini saya akan lengkapi dari a-z. Mudah-mudahan sih bisa menjawab semua pertanyaan a-z itu ya. Sebetulnya saya bukan penggemar game ini dan sekarang bukan saat yang tepat untuk mereviw game ini tapi ya biarlah.

Kita mulai dari Perkenalan.

PENGENALAN

COC


CLASH  OF CLAN 2016

Clash of Clan adalah game online yang bergenre strategi dan dapat dimainkan sehingga dapat dimainkan oleh banyak sekali gamers. Game ini rilis pertama kali pada 2 Agustus 2012 di IOS dan kemudian di 7 Oktober 2013 pada perangkat android. Game ini dikembangkan oleh Supercell. Supercell juga merilis game seperti COC ini salah satunya adalah Clash Royale.

Saat ini game ini sudah tidak sebooming saat 2012-2015, karena di tahun 2016 banyak sekali game pesaingnya. Dan juga muncul game baru bernama pokemon go yang kelihatannya lebih seru dari COC karena pemain dipaksa keluar rumah dan mencari pokemon. Sesuatu yang sama sekali baru. Akan tetapi popularitas game ini tidak bisa diragukan bahkan sampai komunitas meme Indonesia pun membuat beberapa  meme untuk permainan ini, yang tentu tidak dilakukan untuk game lain saat itu.

Nah kali ini meskipun sejatinya telat tapi tidak basi lah, karena game ini tetap dimainkan oleh buanyak orang dan masih banyak orang yang ingin tahu strategi memainkannya. Jadi simak saja ya.
Kita akan mulai panduannya.

Cara main : Anda harus melindungi desa dari serangan pemain lain dengan cara mengatur base/senjata pertahanan. Dan anda harus menyerang desa orang lain untuk mendapatkan gold dan elixir dan dark elixir extra.

GOLD MINE

 

Pertambangan Emas. Di Game COC ini Gold atau emas dipakai untuk berbagai macam keperluan. Tetapi intinya adalah untuk mengupgrade bangunan pertahanan. Gold mine dapat diupgrade terus sampai maksimal dan lebih cepat kapasitas produksinya. Untuk awal mula memainkan game ini upgrade saja gold mine anda sampai maksimal dan tidak bisa diupgrade lagi. Tapi kalau sudah sampai di Town Hall Level 5, tidak perlu mengupgrade sampai maksimal karena itu tidak akan banyak membantu.

ELIXIR  COLECTOR

 

Dalam film-film yunani, Elixir adalah sebuah ramuan ajaib yang dapat dari hasil meracik dedaunan ditambah jampi-jampi tertentu. Elixir bisa dipakai untuk menyembuhkan orang yang sakit karena didalamnya terdapat unsur sihir atau magis. Dalam game ini elixir tidak boleh habis. Paling tidak harus ada sisa 5000 Elixir agar bisa menyerang desa lainnya. Elixir digunakan untuk membuat pasukan, mengupgrade bangunan gold mine dan barrak (tempat latihan pasukan) serta untuk mengupgrade pasukan agar naik ke level yang lebih tinggi.

ARMY CAMP

 

Army camp adalah tempat berkumpulnya pasukan setelah direkrut dari barrak. Jika army camp diupgrade maka jumlah pasukan yang bisa ditampung akan lebih banyak. Dengan demikian anda bisa menyerang pemain lain dengan jumlah pasukan maksimal.

SPRING TRAP

 

Spring Trap adalah sebuah jebakan bawah tanah yang akan memantulkan sesuatu yang ada diatasnya. Prinsipnya ketika ada pasukan musuh yang menginjak Spring trap maka pasukan tersebut akan dilambungkan ke langit. Jumlah pasukan yang akan dilambungkan pada level 1 adalah 15 atau sama dengan 3 giant. Spring trap tidak bisa menjebak pasukan yang bisa berlari dengan cepat seperti tuyul. Nanti aka nada penjelasan tentang tuyul.

HIDDEN TELSA



Hidden Tesla adalah sebuah tiang listrik jaman dulu yang pada game ini ditenagai oleh para penyihir yang bisa membuat listrik. Para wizard itu membuat sihir mereka bisa ditransfer melalui alat penyengat. Hidden telsa pada level 1 memang belum berbuat banyak. Tapi jika diupgrade pada level yang cukup tinggi maka akan sangat berbahaya terutama bagi p.e.k.k.a. Hidden tesla menyerang apa saja yang ada didekatnya.

CANNON

Cannon adalah senjata utama dalam permainan ini. Meriam ini akan menyerang pasukan musuh yang ada dijangkauannya. Cannon tidak bisa menyerang pasukan terbang.

MORTAR 

            

Mortar adalah senjata peledak jarak jauh yang mampu membombardir pasukan musuh sampai kocar-kacir. Mortar harus dilindungi dan diletakan jauh dari jangkauan musuh. Karena mortar adalah senjata yang paling ditakuti oleh pasukan archer dan barbarian, jadi bisa dipastikan musuh akan mengincar mortar untuk dihancurkan paling pertama.

DARK BARRACK


Penyihir gelap atau dark magician menemukan cara memanggil pasukan dari kegelapan. Pasukan ini sangat kuat dari pasukan biasa dan memiliki kemampuan unik. Dark barrack baru bisa didapat pada TH Level 7

SPELL FACTORY


Spell factory adalah tempat para penyihir membuat jampi-jampi untuk memanggil petir, membuat healing magic, dan banyak sekali magic lainnya. Lebih jelasnya akan dijelaskan nanti dibawah.

GIANT BOMB

 

Giant Bomb atau bom raksasa ini bisa meledak dengan sangat kuat. Bom ini dibuat khusus untuk menjebak hog rider (penunggang babi). Anda harus meletakan Giant bomb ini dengan cermat agar tidak meledak sembarangan. Giant bomb bersifat area spash artinya setiap musuh yang melintas didekatnya akan terkena ledakan dengan radiasi yang jauh. 

DARK ELIXIR DRILL




Dark Elixir drill adalah Bor untuk menggali tanah yang didalamnya terdapat dark elixir. Kapasitas penampungan dark elixir sangat sedikit (hanya 160 per jam). Jadi memang harus diupgrade agar bisa memproduksi lebih banyak. Tapi saya sendiri lebih senang mencuri dari pemain lain.

BARBARIAN KING

barbarian king


Barbarian king adalah rajanya barbarian. Badannya besar seperti giant, membawa pedang dari kayu yang ukurannya cukup besar ditangan barbarian ada sarung tinju berbahan besi cukup kuat untuk memukul bangunan yang keras. Barbarian king hanya tersedia di Level 7 ke atas. Anda bisa membeli barbarian king dengan harga 10.000 dark elixir. Nantinya barbarian king bisa diupgrade sampai level 5 dan akan mendapat skill baru yakni memanggil pasukan barbarian dengan mode fury sehingga memukul bangunan dengan membabi buta.

CLAN CASTLE




Ini adalah letak keunikan game ini. Para pemain seluruh dunia bisa membentuk sebuah grup atau kelompok dan bisa berkoalisi atau bekerja sama. Dalam sebuah clan para member bisa saling memberi bantuan pasukan penjaga, meminta pasukan dan spell. Selain itu member dapat bergabung dalam peperangan antar clan. Nanti akan dijelaskan lagi mengenai Perang antar clan ini.

BOMB

Bomb adalah senjata paling lemah di game ini. Sebetulnya sih bukan senjata melainkan jebakan. Karena Bomb ini baru akan meledak ketika ada yang mendekatinya. Daya ledaknya tidak begitu kuat tetapi cukup kuat untuk menghabisi pasukan archer.

SEEKING AIR MINE

Apakah itu burung atau pesawat tempur, Seeking air mine adalah peledak yang akan menjatuhkan mereka. Seeking air mine akan meledakan 1 unit pasukan terbang dan ini sangat ampuh untuk membunuh naga. Karena harganya tidak murah sebaiknya diletakan secara baik agar tidak salah sasaran.

AIR BOMB

Air Bomb adalah bomb udara yang dapat membunuh minion sekali ledak. Nanti akan dijelaskan mengenai minion.

DARK ELIXIR STROAGE

Dark Elixir Stroage adalah tempat penyimpanan dark elixir baik dari hasil merampas atau pun dari menambang. Stroage ini sangat penting dan wajib dilindungi jika sudah penuh. Jika masih kosong boleh diletakan diluar tembok untuk memancing musuh.

AIR DEFENSE 


Air Defense adalah pertahanan udara paling utama. Air defens mengincar 1 target untuk dijatuhkan. Air defens harus dilindungi dan diletakan jauh dari jangkauan musuh. Nantinya pada Town Hall level 7 pemain dapat menggunakan naga. Dan musuh terbesar naga adalah air defense. Jadi agar tidak diratakan oleh musuh sebaiknya meletakan air defens agak menjauh dari luar tetapi juga tidak saling berdekatan agar tidak terkena spell petir. Nanti akan dibahas di bagian strategi pertahanan.

GOLD STROAGE

 

Ini adalah tempat menyimpan emas hasil buruan. Ini juga sebaiknya diletakan jauh dari tembok karena pemain lain sangat senang dan sering menyerang pemain yang meletakan gold stroagenya dekat dengan tembok terluar.

ELIXIR STROAGE


Sama seperti gold Stroage, elixir storage harus diletakan jauh dari tembok terluar agar pemain lain tidak bisa seenaknya merebut elixir kita. Jika elixir storage diupgrade terus maka jumlah elixir yang dapat ditampung akan lebih banyak. Nanti akan dijelaskan apa untungnya mengupgrade elixir storage.

BUILDER’S HUT

 

Ini adalah pondoknya tukang bangunan. Saya kasihan sama bulder di COC karena sekali upgrade bangunan lamanya sampai seminggu. Dan builder tidak akan tidur kalau bangunannya belum selesai diupgrade. Biasanya selesai upgrade para tukang bangunan ini langsung dipekerjakan kembali. Haha.

Wizard Tower 


Wizard tower adalah mesin pembunuh paling efektif. Sangat ditakuti oleh barbarian, archer, dan goblin. Karena biasanya goblin, archer dan barbarian menyerang sekara bergerombol dan wizard tower akan menghanguskan mereka dengan beberapa bola api/listrik. Kurang berguna melawan naga .

WALL

Tembok adalah pertahanan sampingan yang bisa menentukan kemenangan anda atas serangan pemain lain. Jika tembok diupgrade sampai maksimal, pemain lain sulit untuk menembusnya. Tapi Wall akan sangat mudah hancur oleh tengkorak penghacur tembok akan dibahas dibagian pasukan.

TOWN HALL

 

Pusat kota adalah bangunan yang paling penting untuk dilindungi tetapi tergantung dari strategi pemain. Maksudnya, town hall boleh diletakan didalam ataupun diluar tetapi, dalam mode war apapun alasannya, Town hall harus diletakan paling dalam tidak boleh dikeluarkan dari tembok.

SPELL

Spell sangat menentukan hasil pertempuran. Spell atau magic di COC saat ini tersedia 5.

Lightning Spell

Lightning spell dapat digunakan untuk menghancurkan bangunan pertahanan musuh dan juga pasukan bantuan dari clan musuh. Sudah dapat diakses pada TH Level 5. Spell ini hanya menyerang pasukan yang tidak terbang dan bangunan  saja.

Healing Spell

Spell ini berguna untuk memulihkan darah pasukan saat sedang bertempur. Targetnya pasukan yang ada didarat dan diatas. 

Rage Spell

Spell ini berguna untuk membuat pasukan menjadi brutal. Pasukan yang diberi ramuan ini akan langsung meningkat kekuatannya hingga 130% (pada lv 1). Artinya jika 1 pasukan memiliki kekuatan menyerang 250 maka dengan spell ini daya serangnya mencapai  325. Cukup untuk menghancurkan bangunan sekali serang (P.e.k.k.a)

Jump Spell

Jump spell adalah spell untuk membuat pasukan bisa meloncati tembok dengan mudahnya. Sayangnya saya belum bisa menggunakan spell ini karena baru TH 7 haha.

Freeze Spell

Freeze spell akan membekukan pasukan bantuan clan lawan untuk sementara dan juga membuat bangunan pertahanan yang ada disekitar menjadi beku. Dengan demikian, menghancurkan bangunan akan menjadi lebih mudah.

Clone Spell

Karena saya juga belum dapat menggunakan spell ini maka saya tidak menjelaskannya. Tapi sepertinya pengguna spell ini akan membuat pasukan menjadi dobel atau melakukan cloning tanpa batas (tergantung dari maksimal jumlah pasukan yang bisa ditampung di army camp).

PENYERANGAN

Untuk menyerang musuh maka kita akan menggunakan sejumlah pasukan dan spell. Targetnya adalah mendapatkan gold, elixir, dark elixir dan juga star. Untuk dapat menyerang pemain lain kita perlu merekrut pasukan terlebih dahulu. Nah kali ini akan saya coba jelaskan secara singkat pasukan di COC.

 

Barbarian : Berkumis tebal, berbadan tegap dan membawa pedang. Pasukan ini cocok untuk menyerang jarak dekat. Jadi jika Gold atau elixir pemain ada didalam maka sebaiknya tidak menggunakan barbarian karena pasti kocar kacir dihantam mortar. Kelebihannya adalah biaya rekrutmen yang murah dan daya tahan terhadap serangannya cukup tinggi.  



Archer : Rambut Poni, badannya kecil, membawa panah. Pasukan ini cocok untuk menyerang jarak jauh. Mampu menyerang pasukan terbang maupun didarat. Jika dikombinasi dengan barbarian maka archer bisa dengan mudah mengambil gold dan elixir lawan. Kelebihannya biaya rekrutnya murah dan cepat. Larinya cukup cepat, tetapi kena tembak sekali langsung is death. Dan sekali kena mortar juga akan hangus, jadi kalau ingin menyerang menggunakan archer harus menon aktifkan pertahanan musuh dulu. Archer baru akan sangat mantap ketika sudah level 5. 



Giant : Badannya besar sekali, jalannya lambat, tapi daya serangnya besar. Target serangannya adalah bangunan pertahanan lawan. Kelebihan giant adalah Hit Point yang besar. Jadi sedikit lebih kebal senjata dari pada barbarian. Namun di TH 6 barbarian tidak akan berbuat banyak. Butuh bantuan Peri untuk bisa bertahan lama.


Goblin/tuyul : Saya lebih suka menyebutnya dengan tuyul. Kepalanya botak, matanya merah, badannya hijau, kecil tapi larinya masya Allah.. cepat sekali. Kadang saya sering merampok dengan tuyul dan hasilnya cepat kaya. Haha. Tapi ini hanya di game saja ya, kalau didunia nyata saya nggak pernah pake tuyul. Kelebihannya adalah menyerang bangunan resource atau sumber daya 2x lebih cepat dari pasukan lain. Kelebihan lainnya, mampu menghindari spring trap. Tapi jadi sasaran empuk mortar dan wizard tower.



Wall Breaker : tulang doang, larinya cepat, bawa bom. Tengkorak ini dihidupkan oleh wizard untuk membawa bom dan menghancurkan tembok. Daya ledaknya saat level 4 adalah 1200! Terhadap tembok. Tapi sekali tembak langsung morak-marik.


Balloon : Terbang dengan menggunakan balon, wizard juga menyuruh pasukan tulang ini meledakan musuh menggunakan bom. Mungkin pada level 1 baloon sangat mudah hancur oleh air defense. Tapi nanti saat level 6, balloon akan sangat berbahaya!.  Baloon mentarget bangunan pertahanan. Kelemahannya bisa ditiup oleh kipas angin dan cepat meletus di level 1,2,3.


Wizard : Wizard adalah harry potter yang memakai jubah dan kehilangan tongkatnya. Cuman kayaknya sih harry potter nggak jenggotan. Wizzard sangat cepat membabat habis bangunan musuh, cukup kebal senjata. Tapi sekali terkena giant bom habislah sudah. Bagusnya wizard dikombinasi dengan giant dan archer.


Healer : Ibu peri yang satu ini bisa menyebuhkan segala macam penyakit. Hihi. Tapi sayangnya dia seperti kecapung. Sekali terkena air defens langsung macleng. Ibu peri akan sangat berguna di TH 5. Meskipun di TH 5 belum bisa merekrut Healer tapi bisa minta bantuan dari clan teman kita.


Dragon : Dragon itu naga terbang, tapi saya lebih suka menyebutnya kelelawar. Dragon adalah pasukan yang sangat kuat. Sangat kebal senjata. Hit Pointnya tinggi. Dan cukup kebal dengan air defens. Perlu 5 kali serang bagi air defens lv 5 untuk membunuh naga lv 1. Kelemahan biaya rekrut tinggi banget!. 25.000 elixir. Jadi kalau saat menyerang pemain lain harus benar benar melihat apakah elixirnya setara dengan biaya pembuatan. Kalau tidak bisa tekor bro.



P.E.L.L.E.T : Sorry, maksudnya P.E.K.K.A. Bukan robot, bukan samurai, bukan ksatria. Tapi gabungan kesemuanya. Dia memakai tameng disemua tubuhnya. Membawa pedang yang sangat berat yang sekali serang bisa hancur. PEKKA sulit sekali dibunuh kecuali memakai hidden tesla.




Baby dragon : Bayi naga itu imut-imut, tapi tetap harus diperhitungkan. Saat baby dragon dibuat menjadi CC atau isi dari Castle Clan maka akan sulit bagi pemain yang menggunakan hanya archer dan barbarian saja untuk mengalahkan lawan yang diisi baby dragon.  Tapi tetap ada kelemahannya. Sama seperti naga, baby dragon lemah terhadap air defens.




Miner : tukang gali lubang (bukan kuburan yaa). Saya belum pernah pake dan tidak tahu bagaimana si miner ini menyerang.




Minion : Minion adalah … saya tidak tahu ini mahluk astral kali. Pokoknya minion ini kecil tapi daya serangnya cukup tinggi. Menurut saya sih ini kurang bagus karena sangat lemah terhadap air defens dan air bomb. Tapi mungkin jika levelnya sudah tinggi minion sangat berguna. Tapi setiap menyerang, bawahlah minimal 3 buah minion. Jaga-jaga kalau pemain lawan menggunakan cc fakrie atau pun giant.




Hog Rider : Penunggang babi yang membawa palu ini mirip yang ada di upin-ipin. Bedanya dia menunggangi sapi.  Hog rider mentarget bangunan pertahanan lawan sama seperti giant. Bedanya dengan giant, hog rider lebih cepat bergerak karena pake babi yang bisa lompat tinggi sekali. Kelemahannya cepat mati kalau kena giant BOM dan spring trap.




Valkryie : Ini sih cewenya Samson betawi. Bawa Kapak besar dan menyerang dengan cara berputar-putar. Sangat kuat. Sulit dikalahkan oleh archer, giant, dan barbarian. Jadi untuk mengalahkan seorang valkryie harus menggunakan strategi yang cukup. Tapi saya sendiri lebih suka membunuh valkryie dengan minion.



Golem : Golem itu batu yang disihir harry potter supaya bisa bergerak. Saya kurang tau sejarah si golem ini dan ada di film apa. Tapi sering sekali saya melihat golem baik game PS one atau PS2. HIT POINT golem lv 1 saja 4500!. Gila lu ndro.  Jadi golem sangat cocok dikeluarkan pertama untuk jadi sasaran empuk atau umpan. Saat golem kalah dia akan menjadi pecahan 2 golem kecil.



Witch : Witch adalah penyihir cewe. Dia mampu memangil tengkorak kerdil untuk menyerang bangunan lawan. Sekali panggilan, witch lv 1 dapat membangkitkan 6  unit tengkorak.



Lava Hound : Mirip kelelawar sebenrnya tapi badannya badag. Hit Poinnya besar sekali. Kalau kalah dia akan pecah menjadi kecil-kecil. Keren pokoknya.

Bowler : Nanti ya reviewnya. Belum pernah liat hehe.

Udah dulu yah. Capek nih ngetik mulu hehe. Bab selanjutnya adalah menyusun bangunan dan cara menyerang.

Post a Comment

0 Comments