bagaimana cara mengbah warna tampilan kotak pesan komentar pada template evomagz

Sudah lama saya tidak membuat artikel. Sepertinya gairah saya untuk membuat artikel kembali meningkat. Ini semua karena puasa dan pada jam 1-6 pagi bisa begadang untuk menikmati paket malam yang kuotanya berlimpah. Baiklah kali ini saya coba akan membagikan sebuah tutorial singkat mengenai bagaimana mengubah tampilan kotak pesan komentar pada template evomagz buatan mas sugeng. Sebenarnya kalau kita membeli template dari beliau maka semua pertanyaan akan dijawab. Kalau tidak itu sih DL. Ups, tidak, saya rasa beliau sangat peduli terhadap kepuasan pelanggan.

Tutorial ini saya buat khusus untuk pemilik dari blog catatan-dosen.blogspot.co.id yang tempo lalu menanyakan kepada saya "bagaimana cara mengbah warna tampilan kotak pesan komentar pada template evomagz". Saya yakin blogger yang mengerti cara otak-atik template sudah pasti langsung disamber pertanyaan seperti ini. Tapi saya pribadi adalah orang yang tidak mengerti template, maka saya yang awam ini hanya menggunakan inspect elemen yaitu dengan cara klik kanan dan pilih inspect elemen.

Cara tersebut sangat-sangat membantu saya dalam memahami struktur kode blog. Yang pada akhirnya saya mampu menjawab pertanyaan mas Putra dosen. Pertama yang saya lakukan adalah menggunakan inspect elemen pada bagian kotak pesan komentar pada blog saya maupun blognya mas putra dosen. Setelah itu saya perbandingkan kodenya. Jika ketemu perbedaannya, disitulah kode yang harus dirubah. Tapi ini beresiko kalau tidak mengerti kode. Bisa-bisa amburadul nanti blognya.


Jadi, disini saya menemukan bahwa pada blog mas putra dosen itu warna fontnya hitam dan backgoundnya transparan atau putih. Sementara pada blog saya warna backgroundnya hitam dan warna fontnya putih. Berarti tugasnya adalah mencari kode warna yang harus dirubah.

Sangat mudah!. 

Jadi pertama pergi ke menu>template>edit template HTML

Lalu temukan kata .pesan-komentar p {


Kode warna blog


Setelah itu ganti kode pada blog mas putra dengan seperti kode pada blog saya yakni background dan fontnya setelah itu save. Selesai. Semoga membantu.

Post a Comment

3 Comments

  1. Oh gitu ya gan?
    Izin praktek dulu cara mengubah tampilan bacground kotak pesan komentar nya, doain moga berhasil ya gan 👌

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah berhasil gan…
    Semoga cara ganti warna kotak pesan komentarnya bermanfaat jg bagi yg lain.

    Tahks 🍵

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhdamulillah kalo gitu gan. Sering mampir ya..

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.