Pengalaman belanja Online dan tipsnya

Sudah pernah belanja Online belum?. Belanja online sebetulnya lebih mudah ketimbang belanja dengan cara langsung ketempat belanja. Akan tetapi jika belum mengerti betul cara belanja online maka bisa dipastikan akan mengalami berbagai kebingungan. Dari beberapa kali membeli barang secara online, saya kali ini mencoba memberikan tips bagaimana belanja online yang mudah dan tidak mengalami kendala.

Orang memegang kartu kredit

1. Tentukan toko online dimana anda ingin membeli produk

Toko online sekarang ini jumlahnya subhanallah buanyak sekali. Dari yang kelas teri sampai kelas paus juga ada. Dari yang tidak pernah ada pengunjungnya sampai yang setiap harinya melakukan ratusan bahkan ribuan transaksi. Maka saran saya adalah memilih toko online yang sudah terbukti keamanannya. Salah satu contoh toko online yang memberikan keamanan bagi pembeli adalah adanya jaminan uang kembali jika barang yang dipesan tidak ditanggapi penjual. Didalam toko tersebut nantinya si penjual akan memberikan nomer resi pengiriman barang sehingga transaksi sangat aman.

Dari banyak toko online yang ada diinternet ini, ada juga toko online tipu-tipu. Toko online jenis ini biasanya tidak memakai domain berbayar alias ada embel-embel, blogspot.com atau wordpress.com atau platform yang lain. 

2. Pilih toko online yang profesional

Toko online yang profesional adalah toko online yang dikelola dengan sangat baik sehingga memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi. Semakin profesional toko online maka proses pembelian akan dijamin aman. Bagaimana melihat toko online yang profesional?. Kita bisa mengetahuinya dari tampilan toko online. Jika tampilannya buruk maka sudah pasti toko tersebut kurang profesional. Toko online yang baik haruslah memiliki navigasi yang baik juga. Kurang lebih apa-apa yang harus ada dalam toko online yang profesional adalah sebagai berikut : 

  1. Pengelolaan akun (Daftar, Login dan Log out)
  2. Fitur pencarian produk (Search Engine, Kategori, dan Filter produk)
  3. Memiliki FAQ (Frequently Asked Question), Bantuan, Laman About us dan sebagainya
  4. Memiliki daftar nomer resi barang yang dikirim, apa bila poin ini tidak dimiliki maka resi dikirim melalui email.
  5. Memiliki testimony pengguna yang baik.
  6. Memiliki beberapa fitur dalam pembayaran/transaksi.
  7. Memiliki Customer Service yang baik dan selalu online
Jika dari 6 poin diatas ternyata tidak dipenuhi maka toko online tersebut masih belum profesional.
 

3. Pilih Produk sesuai kebutuhan

Produk yang disediakan di toko online biasanya sangat banyak. Saking banyaknya kita terkadang bingung mau pilih yang mana. Misalnya saja saat saya memilih flashdisk 16 GB. Begitu banyak produk dengan merek berbeda dan harga yang lumayan jauh naik turunya. Disini kita juga harus membandingkan harga. Untuk flashdisk 16 GB dengan harga IDR 25.000 itu terlalu murah dan sangat tidak wajar, bisa dipastikan kualitas KW. Bandingkan produk tersebut dengan produk yang sama di toko online yang lain. Pilih yang harganya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Nah disini, jika toko online yang anda kunjungi itu profesional maka anda bisa menggunakan filter produk sehingga ketika anda mencari produk tertentu dengan budget anda produk yang akan tampil pun juga sesuai budget.

4. Pilih Metode Pembayaran

Ada banyak metode atau cara pembayaran yang bisa anda lakukan. Namun saya pribadi lebih suka melalui transfer bank. Toko online yang profesional menyediakan banyak cara pembayaran. Biasanya melalui transfer antar bank, via cek, kredit atau COD (ketemuan langsung bayar).

5. Beri Alamat yang jelas

Disinilah saya sering mendapat kendala. Dari beberapa kali membeli barang online ada 3 barang yang tidak sampai ditempat. Satu diantaranya malah tidak dikirim sampai sekarang. Sangat mengecewakan. Untuk itu tips dari saya adalah berikan alamat yang jelas mulai dari RT/RW nomer Rumah, Kelurahan, Kecamatan, kode Pos dan nama panggilan rumah. Nah satu barang yang tidak terkirim tersebut mungkin pengirim tidak menemukan alamat rumah saya padahal hanya ada satu tempat foto kopi didaerah itu. Maka semua orang pasti tau.

6. Konfirmasi

Ada 3 konfirmasi yang harus anda lakukan.

Konfirmasi Pesanan

Biasanya anda akan diminta mengkonfirmasi pesanan melalui e-mail. Ini adalah untuk memerika kembali apakah produk yang anda pesan sudah sesuai.

Konfirmasi Pembayaran

Konfirmasi pembayaran anda lakukan setelah anda melakukan pembayaran baik melalui transfer antar bank, dengan cek, maupun kredit. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran jika anda memilih COD atau bayar ditempat.

Konfirmasi penerimaan

Jika barang yang anda pesan sudah anda terima, anda bisa saja diminta untuk melakukan konfirmasi penerimaan. Namun yang satu ini jarang dilakukan.

7 Jika barang tidak sampai

Biasanya pihak pengirim akan memberikan SMS atau panggilan apabila barang yang dikirim mengalami kendala saat pengiriman. Pengirim akan mengirim ulang barang ke alamat yang anda tentukan. Disini anda sebaiknya mencari tempat yang dikenal banyak orang contohnya saya saat produk yang saya pesan tidak sampai, maka saya meminta pihak pengirim untuk mengirim barang ke tempat kerja saya. Dan tidak sampai satu hari, barang sudah sampai.

8. Barang rusak, terus gimana? 

Ada kalanya barang yang kita pesan ternyata rusak baik sebelum pengiriman maupun saat proses pengiriman. Hm itu sih derita lo hehe piss.. Penting sekali membaca FAQ (Frequently Asked Question) atau pertanyaan yang sering diajukan. Anda bisa membaca ketentuan toko online tersebut. Jika barang rusak padahal saat sebelum kirim masih bagus maka anda bisa konfirmasi ke penjual. Tapi, jika di FAQ menyatakan, barang rusak tidak dapat di Retur atau dikembalikan maka itu salah anda mengapa tidak membaca FAQ-nya terlebih dahulu?.

9. Sebaiknya membeli barang yang tidak dijual dipasar

Beli gunting, sisir rambut, dan produk yang murah secara online itu menurut saya cuma menghabiskan biaya saja. Apalagi jika kita memesan produk tersebut secara terpisah. Jadi sebaiknya membeli produk yang memang tidak dijual dipasar. Jika anda bisa pergi ke toko sebelah untuk mendapatkan celana, untuk apa beli online?. Pernyataan tersebut bisa dibantah bila ternyata toko sebelah tidak mempunyai celana yang bagus seperti di toko online. Jadi jangan buru-buru membeli produk secara online apabila kita bisa mendapat barang dengan kualitas sama percis dengan yang ada di toko online.

Saya pribadi belum menemukan flashdisk 16 GB dengan harga dibawah 75 ribu di pasaran. Maka membeli online sangat menguntungkan karena dengan uang 70 ribu saja misalnya, kita bisa mendapat flashdisk 16 GB ORI padahal dipasaran 4 GB saja harganya sudah 100 ribu.

Begitulah, kira-kira pengalaman saya dalam berbelanja online. Semoga di era informasi ini kita bisa cerdas dalam berbelanja. Selamat berbelanja online.

Post a Comment

0 Comments