Auda city editor audio dengan berbagai effect

audacity audio editor


Audacity merupakan software editor audio yang sudah saya gunakan sejak tahun 2013 lalu. Pertama kali mengenalnya saya hanya ingin mencoba mengetahui bagaimana proses editing audio?. Apakah sama seperti dengan mengedit gambar menggunakan photoshop atau tidak?. Untuk itu saya langsung mendownloadnya melalui google dan kemudian mencoba software tersebut. Apa saja yang bisa anda lakukan dalam audacity?

1. Merekam audio kualitas tinggi

Audacity memungkinkan kita untuk merekam suara dengan kualitas yang tinggi. Dipojok kiri, pada toolbar, disana ada pilihan project rate (Hz). Pada menu ini, kita diberikan pilihan berapa Hz yang kita inginkan. Semakin tinggi maka kualitas suara juga akan semakin baik, tentunya ukuran file juga akan semakin besar. Disarankan jangan menggunakan laptop untuk kualitas suara tinggi, karena laptop bisa error.


rekam audio HD

2. Menghilangkan audio yang tidak diinginkan

Dengan fitur trim pada audacity, kita bisa menghapus bagian audio yang tidak diinginkan. Misalnya jika kita merekam dan ternyata dalam rekaman itu ada tepuk tangan orang-orang, maka kita bisa menghilangkannya. Ini akan membutuhkan sedikit ketelitian dikarenakan kita harus melakukan zoom terhadap gelombang suara yang ingin kita cut, mengulangi bagian tersebut hingga sempurna.


cut audio

3. Menyatukan dua suara

Kita juga bisa menyatukan dua buah audio atau lebih dengan audacity, dengan sedikit ketlatenan kita mungkin bisa membuat band atau semacamnya hanya dengan software rekaman sederhana ini. Namun yang saya sayangkan adalah kita juga harus menyiapkan PC dengan spesifikasi yang baik. Artinya kalau spesifikasi PC anda kurang memadai, kualitas suara saat disatukan akan membuat telinga anda "pecah". 

4.Memberi effect

Ini salah satu kelebihan software ini, dengan effect yang beragam kita bisa menaikan atau menurunkan nada dasar, menaikan/menurunkan volume suara, memberi effect diam dan sebagainya. Jika anda creative, mungkin anda bisa menciptakan puisi dengan effect deburan ombak, atau petikan gitar yang indah.

5. Save audio dalam berbagai format

Dengan audacity, kita juga bisa mensave audio dalam bentuk mp3 dan format lainnya sesuai kebutuhan. Sebelum disave kita akan diberikan kotak dialog yang berisi nama artis, album dan sebagainya. Nantinya, ketika pemutar musik pada perangkat android, IOS dan kawan-kawan memutar audio yang kita buat, audio tersebut bisa diklasifikasikan berdasarkan album, artis dan sebagainya.

Mungkin anda juga ingin melihat ini : Merekam suara kualitas HD diandroid.

Post a Comment

0 Comments