Langkah awal membuat artikel

Langkah awal membuat postingan

Bingung mau nulis apaan diblog baru?


Pada awalnya semua orang pasti pernah mengalami kebingungan, jangankan untuk nulis artikel? untuk naik sepeda motor saja saat pertama kali pasti bingung apa yang harus dilakukan. Bahkan jika belum pernah naik motor pasti pegang sana pegang sini alias takut jatuh. Hal ini saya rasa sama saat kita baru pertama kali menulis artikel.

Untuk menulis suatu artikel memang sedikit rumit terutama bila tak tahu caranya, maka saya sarankan kalau sebelum menulis artikel tentukanlah tujuan anda membuat blog!. Bila hanya untuk buku harian yaa untuk apa berfikir? Bila untuk berbagi pengalaman, silahkan tentukan niche blog anda. Misalnya ketika anda adalah seorang yang hobi memasak dan pintar memasak maka tulis saja diblog buatan anda tentang apa yang bisa anda masak. 



Misalnya lagi, bila anda adalah seorang photografer dan ingin hasil karya anda dipajang diblog dan dilihat oleh orang diseluruh dunia, maka cukup upload saja foto anda dan berikan keterangan-keterangan singkat.

Anda bisa menulis semua, namun bila anda ingin fokus pada satu niche atau satu bahasan saja maka silahkan tulis artikel yang berhubungan dengan bahasan anda. Menurut saya untuk menulis tidak perlu ada kata mikir mau nulis apa? Hanya perlu ungkapkan apa yang ada dibenak anda, ketik-ketik sedikit dan jadilah sebuah karya. 

Ingat! Bukan karya yang baik yang dicari, namun karya yang menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Saya tidak punya skill apapun?


Masalah utamanya adalah ketika seorang newbie mencoba menulis artikel namun tak punya bahasan apapun. Anda tetap bisa menulis meskipun tidak punya skill, anda tahu di blog saya ada berbagai label? Ada komputer ada android dan sebagainya? Saya cukup mengulas android milik saya dan cling, satu artikel jadi.
Anda punya laptop?. Coba diulas laptop milik anda dan jadilah satu artikel. Anda pintar matematik?. cukup bagikan ilmu anda diblog dan jadilah satu artikel. Setiap manusia sudah diberikan keahlian masing-masing, hanya saja beberapa menemukannya beberapa lagi tidak menemukannya.

Saya tidak tahu cara membuat artikel diblog?


Semua bisa dipelajari, cukup ketikan kata tanya diatas saja mr.google akan mencarikan jawaban atas pertanyaan anda, semua yang anda cari ada disana. Jujur saya salut dengan blog salman yang dikelola seorang remaja 14 tahun. Bagaimana mungkin ia memperlajari semuanya? jawabannya hanya satu, mau bertanya, bila tidak ada yang bisa ditanya maka tanyakan pada google semua ada disana.

Saya tidak punya waktu?


Yang benar?? Kalau anda mengatakan demikian berarti anda adalah orang paling sibuk sedunia. Hehe saya rasa anda perlu mengatur waktu anda agar paling tidak ada satu waktu yang anda khususkan untuk membuat artikel. Saat ini saya selalu meluangkan waktu meski hanya satu jam untuk menulis artikel. Bila anda memang sangat sibuk untuk menulis, solusinya adalah gunakan skala prioritas.

Apakah blog itu penting? lebih penting mana dengan nonton tv? lebih bermanfaat mana untuk masa depan? dengan mengetahui skala prioritas, maka anda akan punya banyak waktu luang.

Kalau sudah semuanya dan sudah ditentukan nichenya maka silahkan pelajari cara membuat artikelnya disini

Post a Comment

0 Comments