Bahaya Radiasi Ponsel!


vektor bahaya radiasi ponsel
radiasi ponsel

 

Dizaman modern seperti sekarangi ini banyak peralatan yang canggih yang membantu kita untuk dapat berkomunikasi dengan mudah. Salah satu alat komunikasi tersebut adalah ponsel. Taukah anda bahwa selain manfaat komunikasi yang diberikan sebuah ponsel, ternyata ada juga dampak negativenya bagi tubuh.

Ponsel memiliki gelombang radiasi elektromagnetik yaitu kombinasi medan listrik dan medan magnet yang merambat lewat ruang dan membawa energy dari satu tempat ketempat yang lain. Efek dari gelombang elektromagnetik ini akan terasa dalam jangka panjang, namun bukan tidak mungkin kita  yang menggunakan ponsel atau laptop berjam-jam sehari akan mengalami gangguan dalam jangka pendek. Berikut ini beberapa bahaya akibat radiasi ponsel :

1.Mengurangi produksi sperma

Radiasi ponsel bisa mengurangi produksi sperma, kesimpulan ini diambil dari sebuah penelitian di Pusat Penelitian reproduksi di Klinik Cleveland Ohoi Amerika Serikat pada tahun 2008. Dari penelitian tersebut pria yang terbiasa menaruh ponsel disaku celana, cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kurang berkualitas.

2.Mengganggu perkembangan janin.

Bagi para wanita yang sedang hamil, hindari menggunakan ponsel secara berlebihan. Bebrapa penelitian ilmiah menyebutkan radiasi ponsel dapat mengganggu perkembangan otak janin, dan dapat menimbulkan perlikau hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperacativity Disorder).  Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motoric anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Otak pad janin juda menebabkan kemampuan orak menjadi lemah khususnya daya ingat.

3.Mengganggu memori manusia

Pernahkah anda menelpon dalam waktu yang lama dan ponsel menjadi hangat atau panas? Pada saat seperti itulah ponsel menghasilkan radiasi yang paling besar, karena ponsel akan mencari signal secara terus-menerus. Bagi anda yang sering menelpon dengan menempelkan ketelinga hal tersebut yang akan menjadikan anda lebih cepat lupa karena dampak yang ditimbulkan oleh radiasi tersebut.

4.Menyebabkan kanker otak!

Penggungaan ponsel dalam jangka waktu yang lama da terus-menerus dapat memicu kanker otak, khusunya jika anda seting menelpon dengan menelpelkan ponsel ditelinga. Radiasi ponesl dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform.
Hasil penelitian yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2011 telah menyebutkan adanya peningkatan glioma dan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel.

Untuk itu mari menggunakan ponsel seperlunya, dan apabila hendak menelpon dalam jangka waktu yang agak lama gunakan headset atau fasilitas loudspeaker agar kita tidak terkena radiasi secara langsung. Mengapa di SPBU tidak diperbolehkan menyalakan ponsel berdekatan dengan alat pengisi BBM? Itu juga sebuah alas an mengapa kita hendaknya jangan terlalu sering menggunakan ponsel. Bila mesin saja bisa eror akibat radiasi, apa lagi tubuh kita?
Sayangi tubuh kita, karena harta paling mahal yang kita miliki adalah tubuh kita. Semoga bermanfaat