Thursday, 6 March 2014

Dampak Ion Positif dan Negativ



Ion Positif dan Ion negative

Dampak Ion Positif dan Negativ

 

Ion atau kation sangat mudah ditemui dibandingkan dengai ion negative. Beberapa pengujian menunjukan bahwa ion positif memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.
Seorang professor dari fakultas kedokteran universitas Tokyo mengungkapkan berdasar toeri Leonard, anion atau ion negative banyak dihasilkan ditempat-tempat dimana air memancar dan bertabrakan seperti disekitar air terjun, air mancur, atau sungai. Ini sebabnya ketika kita bermain diair terjun atau sekedar bermandian disungai kita jadi lebih segar.
Pada tempat-tempat tersebut terjadi tabrakan antara molekul air (H20) dengan molekul air lainnya, yang mengakibatkan lepasnya electron menjadi electron bebas. Elektron bebas ini akan berkaitan dengan molekul diudara (O2 dan CO2) menjadi anion.

Bahaya ion positif bagi kesehatan :


  • 1.       Meningkatkan jumlah radikal bebas didalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah electron dari pasangan electron bebasnya. Sebuah electron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spinnya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru. Radikal bebas dihasilkan dari metabolism tubuh dan factor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaraan ultraviolet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. Radikal bebas memang tidak menyebabkan dampak jangka pendek akan tetapi jangka penjangnya bisa menyebabkan penyakit yang kronik. (Wikipedia)

  •  Membuat tubuh menjadi cepat lelah.
  • Meningkatkan kadar lemak peroksida yang berbahaya bagi tubuh.
  • Menganggu keseimbangan hormonal.
  • Mempercepat terjadinya proses penuaan.
Tubuh kita secara tidak sadar setiap harinya mendapatkan paparan ion positif yang merusak, jadi kita sangat membutuhkan ion negative yang bisa mengurangi dampak bahaya ion positif.

Manfaat Ion Negative Bagi Tubuh :

Kebalikan dari ion positif, ion negative adalah ion yang bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat ion negative dari tubuh kita :
  • Bekerja sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang setiap hari merusak sel-sel tubuh kita.
  • Meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan.
  • Mengaktifkan sel-sel tubuh, sehingga proses regenerasi dapat berjalan dengan optimal.
  • Merelaksasi tubuh serta meningkatkan kualitas tidur.
  • Menyeimbangkan sekresi atau pengeluaran internal, sepeti pengeluaran keringat, urin, air ludah, serta cairan-cairan lain dari dalam tubuh, sehingga meningkatkan kerja detoksifikasi tubuh kita.
Setelah memahami fakta pentingnya ion negative bagi tubuh, sangat disayangkan bahwa sangat sulit mendapatkannya secara langsung. Kekurangan ini tentu berakibat tubuh mengalami gangguan dari penurunan kerja detoksifikasi sehingga kadar toksin dalam tubuh kita meningkat.
Sebenarnya tubuh kita sudah menghasilkan antioksidan sebagai pengangkal radikal bebas, akan tetapi jumlah yang dibutuhkan biasanya lebih banyak sedangkan yang dihasilkan tubuh hanya sedikit saja. Sehingga kita perlu untuk mendapatkan ion negative secara langsung.
So, banyak-banyak refreshing kegunung ya.. kalau tidak bisa karena kesibukan terus apa solusinya?
Lakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Apa itu?
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi ( 4 sehat 5 sempurna)
  • Istirahat yang cukup 6-9 jam sehari. Istirahat yang cukup yang dimaksud disini adalah tidur.
  • Jaga keseimbangan emosi, jangan marah-marah terlalu sering bisa cepet tua dan ini ilmiah.
  • Perbanyak minum air putih, bukan banyak-banyak minum air berkarbonasi.
Sehat itu mahal harganya, apalagi kalau sudah sakit segala macam cara bakal ditempuh agar kita sehat kembali. Maka tidak ada salahnya kalau kita selalu menjaga kesehatan kita. 
Demikian beberapa info mengenai ion positif dan negative, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait