Sunday, 3 November 2013

Trik cerdas pilih android berkualitas



ANDA BINGUNG milih  Android?

Android memang sedang naik daun saat ini, jadi wajar saja bila banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan android mereka sendiri. Bahkan vendor lokal pun tak ketinggalan untuk membuat perangkat pintar yang satu ini.  Namun saking banyaknya pilihan, kita justru kebingungan mau pilih yang mana, karena beda harga sedikit saja ternyata spesifikasinya juga sudah berbeda. Untuk itu saya pribadi membuat artikel ini. Bagi anda yang akan membeli android ada baiknya membaca sedikit informasi berikut agar tidak salah dalam membeli.

1.Budget

Budget anda harus ditentukan lebih dahulu. Bagaimanapun bagusnya suatu barang kalau budget tidak mencukupi ujung ujungnya kita kepentok harga kan?. Jadi langkah awalnya adalah menentukan budget anda.

2. Merek

Ada baiknya anda memilih merek suatu produk. Karena biasanya merek yang terkenal  service centernya lebih mudah ditemui dari pada yang belum terkenal. Jangan sampai karena harganya lebih murah kita langsung pilih produk tanpa memperhitungkan hal tersebut. Juga untuk segi purna jual biasanya merek yang terkenal lebih ada harganya dibanding merk yang tak punya nama.

3.Spesifikasi

Untuk spesifikasi, anda harus sedikit jeli. Karena banyak sekali smartphone yang dijual dengan spesifikasi yang bedanya jauh, padahal harga hanya selisih 50 ribu saja. Ada baiknya anda membaca tabloid atau website yang mengulas tentang smartphone tertentu. Saya merekomendasikan anda untuk mengunjungi Tabloid Pulsa untuk mengetahui ulasan handphone yang anda cari. Berikut ini sedikit tentang spesifikasi android yang baik yang saya ketahui :

Jaringan

 Pastikan jaringannya minimal sudah HSDPA. Kalau anda membeli smartphone yang masih pakai Edge atau malah GPRS berati anda harus siap kalau nanti koneksinya lambat. Intinya  kalau membeli smartphone yang belum ada HSDPA-nya anda sama saja membeli mobil mewah tapi pas dijalankan tidak bisa buat ngebut

Layar

 IPS ( In Plane Swicthing ) merupakan teknologi pada penel LCD yang berfungsi agar saat dilihat dari sudut yang berbeda,  hasilnya sama seperti pada saat dilihat pada sudut pandang normal. 

TFT (Thin Film transitor) yatiu salah satu tipe layar LCD yang tiap-tiap pixlenya dikontrol oleh satu sampai empat transitor. Kelebihannya kaya warna  dan sensitive terhadap sentuhan.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kalau yang satu ini adalah layar yang terdiri dari film-film yang tipis dimana kalau dialiri listrik dapat mengeluarkan cahaya. Kelebihanya kecerahan tinggi, hemat energy, dan meskipun kena sinar matahatri layar AMOLED bakal tetap terlihat jelas.

Pengalaman saya selama memakai android, kekurangan yang nyata adalah karena  tidak terlihat saat terkena cahaya matahari. Berbeda dengan hp jadul kelas 200 ribuan yang justru terlihat jelas dibawah matahari. Maka sebaiknya pilih yang sudah berlyar AMOLED.

Sebenernya masih ada yang lebih baik lagi dari Amoled, namanya "Super amoled", tapi layar dengan jenis AMOLED  saja sudah sangat bagus. 

Saya sendiri masih dengan TFT dan nyaman-nyaman saja kecuali saat dibawah sinar matahari layar TFT seperti tidak nyala (sangat redup).

Tipe Touchscreen

Touchscreen ada yang capasitive dan resisitive, bedanya hanya pada tingkat sensitivitas terhadap sentuhan. Pilih yang capasitive saja. Saya yakin saat ini smartphone rata-rata sudah capasitive, jadi anda bisa lewati langkah ini.

Ukuran layar

Layar lebar baik untuk browsing dan main game, layar sempit baik untuk yang suka menaruh hp didalam saku. Jadi kalau anda ingin hp tetep bisa dikantongin ya pilih yang layarnya agak kecil.

Resolusi

Resolusi bahasa gampangnya “kepadatan/kerapatan”.  Semakin tinggi resolusinya semaik jernih layarnya, kalau gambar diiperbesar nggak akan peceh-pecah. Dengan resolusi 230 ppi itu saja sudah jernih, jadi apabila lebih besar maka akan lebih baik tampilannya.

Memori Internal/Eksternal

Memori internal adalah memori yang sudah tertanam didalam HP. Lebih baik carilah yang memori internalnya besar karena akan memudahkan menyimpan data. Minimal 1GB lah.  Namun 1 GB saya rasa masih kurang lega. Pasalnya memori 4 GB saja, yang bisa dipakai (user) hanya 2 GB. Jadi kalau memori internal 1 Gb maka bisa jadi hanya tersisa 100 MB saja.

Untuk mengatasinya beli saja memory eksternalnya sehingga tidak kekurangan space untuk menyimpan aplikasi.

RAM (Random Akses Memori)

Intinya kalau RAM-nya sudah >512MB berarti sudah bagus. Karena kalau RAM-nya kecil (misalnya 128 Mb), meski kecepatan CPU-nya 2 Ghz saya rasa percuma saja.


WIFI,Bluetooth,USB

Untuk WIFI, Bluetooth, dan USB biasanya ada. Jadi anda tidak perlu kuatir, karena biasanya selalu disediakan. Fitur yang anda cari seharusnya adalah yang dapat dijadikan Tethering, yaitu berbagi koneksi baik itu internet atau bluetooth. Bila anda membeli android GB maka sudah disediakan fitur ini.

Kamera Primer

Saat ini sudah buanyak smartphone yang dipasangi kamera yang Resolusinya tinggi. Maka saran saya pilih kamera yang sudah minimal 2MP. Kecuali anda hobi berfoto, lebih baik pilih yang sudah 5MP kalau bisa yang sudah pakai Flash, biar saat malam hari masih bisa  tetap berfoto ria.

Kamera Sekunder

Kalau anda ingin bisa melakukan video call, belilah yang sudah ada kamera sekundernya. Fungsinya kalau anda punya kamera sekunder dan sudah ICS, anda bisa download aplikasi face unlock. Sebuah aplikasi untuk membuka hanphone hanya dengan mengarahkan wajah kita ke layar saja. Sayangnya face unlock juga kurang canggih karena bila malam hari dan kamera tidak mendukung maka wajah tidak akan dikenali.

Baterai

Untuk urusan baterai saya sih no comment karena smartphone android ini terkenal boros baterai. Kecuali bila anda download aplikasi penghemat baterai dan juga membatasi penggunaan internet, insyaAllah baterai anda akan awet.

OS (Operation System)

Sistem Operasi kalau kurang jelas bisa anda tanya mbah google, semua ada. Yang saya sarankan pilih OS android yang minimalnya GB ( Ginger Bread). Kalau mau Lebih bagus pakai ICS (Ice Cream Sandwich), atau kakaknya JB (Jelly Bean), atau kakaknya lagi KK (Kit-kat). Untuk yang GB sudah bisa dibawa pulang dengan harga 500 ribuan saja. Untuk kelas ICS saat ini masih diangka 700 sampai 1 jutaan, namun kalau anda sabar menunggu sebenarnya saat ini android JB bisa dibawa pulang dengan uang 730 ribu saja. 

CPU (Central Processing Unit)

Kalau CPU pokoknya cari yang minimal 800 Mhz, kalau ada yang lebih besar atau malah dual-quad Core akan lebih baik. CPU yang besar membuat kinerja android jadi lebih cepat.

GPU  (Graphic Processing Unit)

Ini adalah processor yang diciptakan khusus untuk bagian grafis dari microprocessor. Yang ini kalau anda suka maen game, cari yang sudah ada GPU-nya. Kalau tidak ada juga tidak masalah, namun GPU akan mempengaruhi juga pada saat menonton video jadi sebaiknya memang harus ada.

4.Bertanyalah  kepada orang terdekat.

Malu bertanya sesat dijalan. Kalau anda ragu dalam membeli, sebaiknya ajak teman atau saudara anda yang sudah lebih dulu menggunakan android. Jangan lupa untuk mengecek semuanya sehingga tidak ada yang cacat saat dirumah.




Artikel Terkait

Oldest Page